Kapolda Sumbar ajak masyarakat disiplin terapkan protokol kesehatan

id Polda Sumbar,Operasi Lilin,Padang, Berita Padang

Kapolda Sumbar ajak masyarakat disiplin terapkan protokol kesehatan

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Dirlantas Polda Sumbar memeriksa personel dalam Apel Operasi Lilin Singgalang 2020 di Padang, Senin (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto mengajak masyarakat daerah itu agar tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan saat perayaan Natal 2020 dan pergantian Tahun Baru 2021 yang kerap diisi masyarakat dengan mendatangi destinasi wisata

"Jangan sampai perayaan Natal dan Tahun Baru ini muncul klaster-klaster baru penyeraban COVID-19," kata dia saat memimpin Apel Operasi Lilin 2020 di Padang, Senin.

Baca juga: Polresta Malang Kota siapkan tes cepat saat Operasi Lilin Semeru
Baca juga: Kakorlantas pastikan tidak ada check point selama Ops Lilin 2020


Apel Operasi Lilin 2020 Singgalang digelar di RTH Imam Bonjol yang dipimpin Irjen Pol Toni Harmanto dan Dirlantas Polda Sumbar menjadi komandan upacara. Operasi ini digelar selama 15 hari yang dimulai dari hari Senin ini hingga 4 Januari 2021.

Ia mengatakan perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang berpotensi meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian dan berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan pelanggaran protokol kesehatan.

"Dalam operasi ini kita mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional,” kata dia

Ia mengatakan berdasarkan pemetaan kerawanan akan ada beberapa potensi gangguan kamtibmas mulai dari ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum.

Kemudian aksi kriminalitas seperti pencurian, begal tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

"Kita berharap masyarakat tetap di rumah dan menjaga protokol kesehatan apabila terpaksa keluar rumah dalam mengantisipasi penularan virus," kata dia.

Baca juga: Polres Jakbar libatkan 1.858 personel pengamanan Natal-Tahun Baru
Baca juga: Operasi Lilin Jaya 2020 siapkan 8.179 personel gabungan


Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar