Lewat Overlanding ini, saya ingin berbagi pengalaman
Jakarta (ANTARA) - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tergerak untuk mendirikan komunitas Overlanding Indonesia untuk mewadahi orang-orang yang gemar menjelajahi nusantara, untuk lebih mengenal dan mencintai alam serta masyarakat Indonesia yang budayanya beraneka ragam.

"Tujuan komunitas ini untuk menjalin dan mengikat tali persaudaraan sesama warga bangsa, sekaligus merawat keberagaman Indonesia. Salah satu aktivitas yang khas dari kami adalah safari nusantara menggunakan kendaraan darat," kata AHY, dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Kamis.

AHY mengaku terinspirasi oleh keanekaragaman alam dan budaya di setiap tempat yang dikunjunginya.

Sampai akhir 2020, putra sulung Presiden ke-6 RI itu mengaku sudah mengunjungi 34 provinsi dan lebih dari separuh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, baik lewat jalur udara, laut maupun darat yang sudah pasti lebih sering ditempuh dengan jip double cabin favoritnya.

"Lewat Overlanding ini, saya ingin berbagi pengalaman dan cerita betapa indah dan besarnya Indonesia," kata AHY.

Sebagai pendiri komunitas Overlanding Indonesia ini, AHY menunjuk Renville Antonio, penggemar otomotif dari Surabaya sebagai Ketua Umum.

Secara bertahap, Overlanding yang resmi dibentuk 30 Desember 2020 akan dikembangkan ke tingkat cabang-cabang di semua provinsi dan berbagai kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

AHY mengatakan komunitas tersebut tidak hanya bagi para pemilik kendaraan bermotor yang ingin menjelajahi nusantara, tetapi juga bagi para fotografer, traveller, camper, pehobi komunikasi radio, pencinta kuliner, serta pencinta alam dan lingkungan.

"Mereka yang kebetulan tidak punya mobil tapi ingin keliling nusantara, bisa mencari tumpangan pada anggota yang punya mobil dan bisa memberi tumpangan. Jadi ada aspek kebersamaan dan gotong royong di sini," kata AHY.

Ditegaskan AHY bahwa komunitas itu bersifat independen, non-partisan, dan tidak terkait dengan politik apa pun, sehingga semua kalangan bisa bergabung dan rehat sejenak dari hingar bingar politik.

"Komunitas ini tidak mengenal perbedaan identitas. Siapa pun, mencintai dan bertekad menjaga Indonesia, akan kami sambut hangat," ujar AHY.

Selain itu, untuk lebih menghargai kekayaan alam dan budaya Indonesia, komunitas Overlanding Indonesia juga akan menyalurkan bantuan kemanusiaan pada kelompok-kelompok masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia.

"Ayo jelajahi Indonesia, karena orang yang tidak pernah keliling negerinya, pasti tidak akan tahu betapa kaya, beraneka ragam, indah dan besarnya Indonesia. Jangan lupa tetap rawat keberagamannya," ujar AHY pula.
Baca juga: AHY apresiasi kinerja Pemprov Jatim kendalikan COVID-19

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020