Jayapura (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menetapkan pasangan nomor urut empat Yusak Yaluwo-Yakob Waremba meraih suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Boven Digoel 2020 dengan 16.319 suara.

Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay melalui telepon selularnya di Jayapura, Senin, mengatakan pasangan Yusak-Yacob meraih 16.319 suara atau 52,87 persen dari 31.520 suara sah pada Pilkada Kabupaten Boven Digoel.

"Hasil tersebut merupakan hasil akhir dari tahapan rekapitulasi penghitungan yang dilakukan sejak 2 Januari 2021," katanya.

Baca juga: KPU Papua sebut partisipasi pemilih di Kabupaten Boven Digoel tinggi

Menurut Theodorus, untuk selanjutnya, KPU memberikan kesempatan kepada masing-masing pasangan calon untuk menggugat di lembaga-lembaga yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, jika ingin mengajukan sengketa pemilihan.

"Jadi jika ada pasangan calon merasa dalam tahapan Pilkada Boven Digoel ini ada yang dirugikan, silahkan gugat di MK, itu haknya, di mana waktu pengajuan gugatan dihitung per tanggal penetapan hingga tiga hari ke depan terhitung hari kerja," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya tidak memungkiri hasil penetapan KPU tersebut mendapat penolakan dari saksi pasangan calon, bahkan terdapat salah satu saksi pasangan calon yang tidak hadir sejak hari pertama rekapitulasi.

"Semua keberatan itu kami hormati, KPU juga telah menyiapkan formulir D keberatan, di mana pada intinya KPU tetap menerima pendapat dan pikiran para saksi ini, karena itu haknya," katanya lagi.

Dia menambahkan pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil perolehan Pilkada Kabupaten Boven Digoel secara keseluruhan berjalan kondusif, KPU bahkan membuka ruang kepada masyarakat yang ingin menyaksikan langsung, dengan menyediakan layar proyektor di halaman kantor KPU.

Dari informasi yang diperoleh, Yusak-Yakob meraih 16.319 suara atau 52,87 persen dari 31.520 suara sah Pilkada Kabupaten Boven Digoel.
Sementara tiga pasangan calon lainnya, masing-masing nomor urut satu Hengky Yaluwo-Lexi Romel Wagiu memperoleh 2.164 suara atau 7,01 persen, kemudian nomor urut dua Chaerul Anwar-Nathalis B Kaket memperoleh 3.226 suara atau 10,45 persen dan nomor urut tiga Marthinus Wagi-Isak Bangri memperoleh 9.156 suara atau 29,66 persen.

Baca juga: Personel TNI-Polri amankan pleno Pilkada KPU Boven Digoel
Baca juga: KPU Papua jadwalkan PSU di Distrik Mandobo Boven Digoel

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021