Kemarin, potensi Patimban kalahkan Shanghai hingga Airlangga soal PSBB

id Menhub,Patimban,Menteri BUMN,Bio Farma,Vaksin COVID-19,Wall street,Joe Biden,Pariwisata,PSBB

Kemarin, potensi Patimban kalahkan Shanghai hingga Airlangga soal PSBB

Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Kamis (6/1/2021) kemarin, mulai dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis Pelabuhan Patimban mampu mengalahkan Pelabuhan Shanghai dan Singapura hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar di Pulau Jawa dan Bali selama 11-25 Januari bukan lah pelarangan kegiatan.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Menhub optimistis Patimban mampu kalahkan Shanghai dan Singapura

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku optimistis bahwa Pelabuhan Patimban apabila disenergikan dengan baik dengan Pelabuhan Tanjung Priok akan mampu mengalahkan Pelabuhan Shanghai dan Singapura.

“Saya yakin bahwa apabila itu terjadi dan kita mensinergikannya dengan Pelabuhan Tanjung Priok, maka kita mengalahkan mungkin menyamai Shanghai dan Singapura sebagai satu niat bangsa sebagai pelabuhan yang membanggakan tapi memberikan nilai fungsi ekonomis yang baik. Dengan kata lain Pelabuhan Patimban sebagai ‘World Connecting Port’,” kata Menhub dalam Public Expose Pelabuhan Patimban: Wajah Modern Pelabuhan di Indonesia secara virtual di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Menteri BUMN: Bio Farma dapat izin produksi 100 juta vaksin COVID-19

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan PT Bio Farma sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memproduksi 100 juta vaksin COVID-19.

"Sertifikasi yang 100 juta sudah ada dari BPOM, jadi proses daripada produksinya sudah sesuai dengan standar dari BPOM dan tentunya sudah pasti standar internasional, ini yang 100 juta," kata Erick Thohir di Gudang PT Bio Farma, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Wall Street dibuka naik setelah Kongres mengesahkan kemenangan Biden

Rata-rata indeks utama di Bursa Saham New York, Wall Street, Amerika Serikat, dibuka lebih tinggi pada perdagangan hari Kamis pagi waktu setempat setelah Kongres AS mengesahkan kemenangan presiden terpilih Joe Biden pasca-kekacauan di Capitol.

Tak lama setelah bel pembukaan, Indeks Dow Jones Industrial Average meningkat143,39 poin atau 0,47 persen menjadi 30.972,79. S&P 500 naik 28,40 poin, atau 0,76 persen, menjadi 3.776,54. Indeks Komposit Nasdaq melonjak 147,29 poin, atau 1,16 persen, menjadi 12.888,09.

Baca selengkapnya di sini

 

4. Menteri Trenggono-Sandiaga siap sinergi dukung pariwisata RI bangkit

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyatakan siap berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dipimpin oleh Sandiaga Uno, dalam upaya membangkitkan kembali pariwisata Indonesia.

"Saya senang dengan tagline-nya Pak Menteri Pariwisata, Bangga Wisata Indonesia. Kami punya potensi khususnya sektor wisata bahari," kata Menteri Trenggono dalam keterangan tertulis Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), Kamis.

Baca selengkapnya di sini

 

5. Jangan panik, Airlangga tegaskan PSBB hanya batasi kegiatan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dan 23 kabupaten/kota di enam provinsi lainnya bukan merupakan larangan, namun membatasi kegiatan masyarakat.

“Ditegaskan ini bukan pelarangan kegiatan masyarakat,” kata Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini


Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar