Jakarta (ANTARA) - Film "Nomadland" garapan sutradara Chloe Zhao berhasil menyabet piala untuk kategori Film Fitur Terbaik di acara penghargaan tahunan Gotham Awards ke-30 yang berlangsung dari Cipriani Wall Street, New York.

Selain film fitur terbaik, "Nomadland" juga memenangkan Gotham Audience Award.

Lebih lanjut, Dokumenter Terbaik dianugerahi kepada "A Thousand Cuts and Garrett Bradley's Time" dari Ramona Diaz. Sementara, "Identifying Feature" dari Fernanda Valadez meraih Penghargaan Gotham perdana untuk Fitur Internasional Terbaik.

Di sisi akting, Riz Ahmed dari "Sound of Metal" dan Nicole Beharie dari "Miss Juneteenth" masing-masing memenangkan Aktor Terbaik dan Aktris Terbaik, sementara Kingsley Ben-Adir membawa pulang Gotham Award untuk Breakthrough Actor untuk perannya sebagai Malcolm X dalam "One Night di Miami…" garapan Regina King.

Baca juga: Film kontender Oscar "Nomadland" rilis cuplikan pertama

Baca juga: "Nomadland" raih People's Choice Award di TIFF 2020


Untuk serial, "I May Destroy You" yang mendapat pujian kritis dan mendalam -- garapan Michaela Coel, menang untuk Breakthrough Series - Format Pendek, sementara seri komik-fiksi ilmiah HBO dan pemenang Emmy 11 kali, dimenangi "Watchmen" untuk Breakthrough Series - Format Panjang.

Selain itu, aktor "Moonlight" Andre Holland memberikan penghormatan kepada mendiang Chadwick Boseman dengan Actor Tribute anumerta dan Viola Davis dengan Actreess Tribute.

Istri Boseman, Taylor Simone Ledward hadir secara virtual dan berbagi kata-kata emosional, "Dia diberkati untuk menjalani banyak kehidupan dalam hidupnya yang terkonsentrasi."

"Terima kasih telah memberi Chad hadiah ini," katanya. “Merupakan suatu kehormatan untuk menerima penghargaan ini atas nama suami saya.”

Sambil menahan air mata, dia menutup, "Chad, terima kasih. Aku cinta kamu. Aku sangat bangga padamu. Teruskan cahayamu pada kami."

Steve McQueen mendapatkan penghargaan Director's Tribute sementara Ryan Murphy mendapatkan penghargaan Industry Tribute.

Gotham Awards juga memperkenalkan Ensemble Tribute perdana yang diberikan kepada para pemeran "The Trial of the Chicago 7" garapan sutradara Aaron Sorkin.

Aktor peraih Golden Globe dan nominasi Emmy Jeffrey Wright menambahkan piala lain ke mantelnya dengan Made in NY Award, yang mengakui pencapaian orang-orang dan organisasi yang telah memberikan kontribusi signifikan pada industri hiburan dan media digital New York City selama ini dalam karir mereka.

Gotham Awards 2021 kali ini digelar secara hibrida. Direktur Eksekutif IFP Jeffrey Sharp menyambut audiensi virtual dan malam itu menampilkan beberapa presenter langsung termasuk Renee Elise Goldsberry, Cristin Milioti, Hunter Schafer, Padma Lakshmi, Michael Shannon dan Noma Dumezweni.

Ada pula presenter yang tidak bisa hadir langsung seperti Zachary Quinto, Lupita Nyong'o, Anthony Mackie, Rebecca Hall dan Laure de Clermont-Tonnerre, demikian Deadline.

Baca juga: "Nomadland" jadi film terbaik versi National Society of Film Critics

Baca juga: Chadwick Boseman raih penghargaan di New York Film Critics Circle 2020

Baca juga: "Nomadland" hingga "Ammonite" masuk jajaran TIFF 2020

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021