Empat prodi UNP kembali divisitasi lembaga internasional

id berita padang,berita sumbar,unp

Empat prodi UNP kembali divisitasi lembaga internasional

Pembukaan kegiatan visitasi AUN-QA secara daring yang berlangsung selama lima hari mulai 11-15 Januari 2021. ANTARA/ Mutiara Ramadhani

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) kembali mendapat kesempatan divisitasi tim dari lembaga internasional Asean University Network–Quality Assurance (AUN-QA) dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan bertaraf internasional.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D di Padang, Kamis mengatakan bahwa penilaian ini merupakan yang kedua kalinya bagi UNP, dimana sebelumnya empat Prodi UNP telah berhasil memperoleh sertifikasi AUN-QA.

Empat prodi itu yaitu Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia dan Pendidikan Teknik Elektro. Sertifikasi AUN-QA telah membawa banyak perubahan positif bagi keempat prodi, serta bagi UNP.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan visitasi oleh Tim AUN-QA tahun ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting dimasing-masing prodi yang divisitasi dan di pusatkan di Gedung PPG UNP. Kegiatan tersebut berlangsung lima hari mulai 11 sampai 15 Januari 2021.

Kemudian empat prodi UNP yang saat ini mengikuti visitasi sertifikasi internasional dari AUN-QA tersebut yakni Prodi Bimbingan dan Konseling, Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi.
Baca juga: Sertifikat standar mutu ASEAN University Network diraih 4 prodi UNP
Baca juga: UNP pulangkan mahasiswa dan dosen diluar negeri cegah corona


Ia mengatakan mulai tahun 2018, UNP telah mempersiapkan diri untuk sertifikasi AUN-QA, dimana pada tahun 2019 telah berhasil disertifikasi empat prodi.

Untuk tahun ini selain sertifikasi AUN-QA, 16 prodi lainnya juga sedang dipersiapkan untuk akreditasi internasional ASIIN, dan beberapa prodi lainnya sedang dipersiapkan untuk akreditasi internasional AQAS.

Pembukaan visitasi AUN-QA dilakukan Auditorium UNP yang dihadiri oleh Rektor UNP, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Direktur Pascasarjana dan juga Rektor UNP Periode 1999-2003 Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd,.

Kemudian Rektor UNP Periode 2003-2007/2007-2011 Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd., Rektor UNP Periode 2012-2016, Prof. Dr. Phil. Yanuar Kiram dan Ketua Senat UNP Prof. Dr. Sufyarma M, M.Pd dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Pada visitasi kali ini hadir sebagai asesor yakni Mr. Casey Barnett, CFA, FCCA, MBA (Chief and Lead asesor of Guidance and Counseling Study Program), Prof. Dr. Yahaya Md. Sam (lead asesor of Family welfare Education Study Program), Prof. Ir. Dr. Shahrir Abdullah (lead asesor of Pancasila and Civic Education Study Program).

Asesor lainnya yaitu Prof. Dr. Rowena L. Escolar Chua (lead asesor of Physical Education, Health, and Recreation), Prof. Cenon R. Alfonso, MD (asesor of Guidance and Counseling Study Program), Asst. Prof. Pakorn Watanachaturaporn (asesor of Physical Education, Health And Recreation).

Selanjutnya, Assoc. Prof. Dr. Thanongsack Duangdala (asesor of Pancasila and Civic Education Study Program), dan Dr. Maria Celeste T. Gonzalez (asesor of Family welfare Education Study Program).
Baca juga: Rektor UNP harapkan Dubes India fasilitasi kerjasama dengan kampusnya

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar