Jakarta (ANTARA) - Tim Gabungan Intelijen Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan Kejaksaan Agung menangkap seorang buronan kasus korupsi pengadaan lift Kantor Kementrian Koperasi dan UMKM (UMKM) bernama Rini Yulianthie Fatimah (44) di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat.

"Tim Intelijen Kejaksaan Agung bersama dengan Tim Intelijen Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan berhasil mengamankan terpidana yang merupakan DPO Kejari Jakarta Selatan dengan identitas Rini Yulianthie Fatiman," kata Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Odit Megonondo.

Odit menuturkan, Rini menjabat sebagai Direktur PT Karuniaguna Inti Semesta (PT KIS). Rini sudah tiga tahun menjadi buronan kasus tindak pidana korupsi pengadaan delapan unit lift di Kantor Kemenkop-UMKM Tahun Anggaran 2021.

"Kasus ini telah merugikan negara sebesar Rp17 miliar lebih," kata Odit.

Pada 8 Maret 2017, Mahkamah Agung (MA) memvonis Rini dengan hukuman pidana penjara selama 10 tahun dan denda Rp200 juta, dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama enam bulan.

Selain itu, MA juga menjatuhkan pidana tambahan, yaitu membayar uang pengganti sebesar Rp200 juta dikompensasi dengan uang yang dikembalikan sebesar Rp180 juta dalam waktu satu bulan setelah putusan memperoleh kekuatan hukum tetap atau inkrah.

Baca juga: Kejati DKI siapkan delapan JPU hadapi sidang pembobolan BNI
Baca juga: Kejati DKI raih penghargaan zona bebas korupsi


Jika tidak, harta benda Rini akan disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. Apabila harta yang dimiliki Rini tidak cukup membayar uang pengganti tersebut, maka diganti dengan pidana penjara selama tiga bulan.

Menurut Odit, setelah putusan MA inkrah, Rini telah dipanggil secara patut selama tiga kali untuk melaksanakan eksekusi.

"Tapi terpidana tidak mematuhi panggilan penuntut umum untuk melaksanakan eksekusi," katanya.

Tim Kejaksaan memasukkan Rini dalam daftar pencarian orang (DPO) setelah menghilang dari kediamannya di Gudang Baru Moh. Kahfi, Jagakarsa.

Rini menghilang selama tiga tahun. Hingga akhirnya ditangkap di Jalan Rawa Cupang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat pukul 09.45 WIB.

Odit menambahkan, setelah penangkapan saat ini Rini menjalani eksekusi dan penahanan di Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021