Jakarta (ANTARA) - Apple dilaporkan telah mulai mengerjakan ponsel yang dapat dilipat, dan mulai membuat prototipe layar yang dapat dilipat secara internal.

Namun, laporan itu menyebutkan bahwa perangkat tersebut kemungkinan masih akan dirilis bertahun-tahun lagi, dan Apple hanya mengerjakan tampilan untuk saat ini, bukan bagian ponsel lainnya, dikutip dari The Verge, Sabtu.

Prototipe awal dilaporkan mirip dengan layar lipat yang digunakan oleh Samsung, Motorola dan lainnya. Apple sedang mencari cara untuk membuat layar yang dapat dilipat dengan "engsel yang sebagian besar tidak terlihat" yang dapat dibuka hingga seukuran iPhone 12 Pro Max. Laporan tersebut mengatakan bahwa beberapa ukuran layar sedang dibahas.

Apple belum secara terbuka menunjukkan minat apa pun dalam membuat ponsel yang dapat dilipat, meskipun raksasa teknologi itu memang jarang menunjukkan minatnya sebelum memasuki kategori produk baru.

Pesaing utama Apple yang telah terlebih dulu memasuki kategori produk tersebut, antara lain Samsung dan Motorola yang telah merilis beberapa generasi ponsel lipat. Samsung Galaxy Fold diperkenalkan pada April 2019, meskipun kemudian mengalami perbaikan karena masalah substansial.

Sementara iPhone pada tahun ini dilaporkan akan memiliki "peningkatan kecil," namun satu peningkatan substansial yang masih mungkin adalah sensor sidik jari dalam layar.

Apple dikabarkan mempertimbangkan fitur tersebut pada awal 2020, dan diharapkan menjadi penambahan yang jelas pada 2021 karena penggunaan masker wajah menghambat kemampuan untuk menggunakan Face ID.

Tidak jelas seberapa besar kemungkinan Touch ID dalam layar akan dikemas pada iPhone 2021, sebab Apple cenderung mengunci rapat fitur iPhone sebelum masuk produksi, namun dilaporkan bahwa Apple "masih menguji" teknologi itu untuk dimasukkan tahun ini.

Apple juga kabarnya telah membahas penghapusan port lightning demi pengisian nirkabel pada "beberapa" model iPhone.

Apple tahun ini kabarnya juga akan menghadirkan perangkat pelacak AirTags, pesaing Tile dan Galaxy Smart Tag milik Samsung, juga melakukan penyegaran iPad Pro dengan tampilan Mini LED, serta iPad entry-level yang lebih tipis.


Baca juga: Apple punya dua purwarupa desain iPhone lipat

Baca juga: Apple akan buat iPad lipat pada 2020

Baca juga: Ponsel layar lipat Apple akan meluncur 2020

 

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021