Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (19/1) mulai dari hasil investigasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang akan menjadi dasar kebijakan keselamatan penerbangan hingga cadangan minyak bumi Indonesia tersedia sampai 9,5 tahun.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Hasil investigasi SJ 182

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut bahwa hasil investigasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 akan menjadi dasar kebijakan keselamatan penerbangan di masa datang.

“InsyaAllah kita bisa dapatkan CVR sehingga dapat segera dianalisis oleh KNKT dan menjadi dasar kami untuk membuat kebijakan terkait dengan safety,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Lelang SUN serap Rp24,45 triliun

Pemerintah menyerap dana sebesar Rp24,45 triliun dari lelang tujuh seri Surat Utang Negara (SUN) di pasar perdana dengan penawaran masuk mencapai Rp55,29 triliun.

Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan realisasi lelang ini jauh di bawah target indikatif yang ditetapkan sebelumnya Rp35 triliun.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Restrukturisasi kredit

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat nilai restrukturisasi kredit perbankan hingga 4 Januari 2021 sudah mencapai Rp971,1 triliun di 101 bank yang diajukan debitur terdampak pandemi COVID-19.

“Ini perlu menjadi perhatian karena memang sudah cukup besar, ini restrukturisasi paling besar sepanjang sejarah saya menjadi pengawas,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana.

Berita selengkapnya klik di sini

4. APBD ditargetkan sumbang Rp15 triliun sukseskan vaksinasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dapat menyumbang sebesar Rp15 triliun dalam rangka membantu pemerintah pusat untuk menyukseskan jalannya program vaksinasi COVID-19.

“Sebesar Rp15 triliun dari APBD diharapkan untuk turut menyukseskan vaksinasi,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Cadangan minyak Indonesia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan cadangan minyak bumi Indonesia tersedia hingga 9,5 tahun ke depan, sementara gas bumi mencapai 19,9 tahun.

"Ini dengan asumsi tidak ada penemuan cadangan baru dan tingkat produksi minyak bumi pada level 700 ribu bopd dan gas sebesar 6 bscfd," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

Baca juga: Basarnas perpanjang tiga hari lagi untuk pencarian SJ 182
Baca juga: OJK proyeksi kredit tumbuh 6-7 persen 2021
Baca juga: Cadangan minyak menipis, Anggota DPR: Peluang besar untuk EBT 

 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021