China berharap hubungannya dengan AS segera pulih

id Hubungan China-AS,kemitraan China-AS, harapan China kepada AS,pelantikan Joe Biden

China berharap hubungannya dengan AS segera pulih

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying (ANTARA/HO-FMPRC)

Beijing (ANTARA) - Pemerintah China sangat berharap hubungannya dengan Amerika Serikat segera pulih di bawah pemerintahan baru Joe Biden.

"China mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden AS Joe Biden dan menyerukan kebangkitan kembali kemitraan China-AS," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying di Beijing, Kamis (21/1).

Jubir Kemenlu China itu merasa yakin adanya "Dewi Fortuna" (keberuntungan) yang menaungi kedua negara.

Baca juga: Presiden China Xi sampaikan selamat kepada Biden

Hua juga menyambut positif sejumlah perintah eksekutif Biden, di antaranya AS kembali menyetujui Kesepakatan Paris dan kembali sebagai anggota aktif di Organisasi Kesehatan Dunia (WTO).

"Media di AS menggambarkan pelantikan Presiden AS Joe Biden sebagai lembaran yang baru dalam sejarah AS. Memang, China dan AS berhak mendapatkan masa depan yang lebih baik setelah masa-masa sulit dan tidak biasa," ujarnya.

Menurut Hua, hubungan bilateral China-AS terganggu dalam empat tahun terakhir karena adanya beberapa politikus AS yang mendorong aliansi anti-China.

Padahal, lanjut dia, kedua negara ekonomi besar itu perlu bergandengan tangan agar lebih banyak berkontribusi kepada dunia.

Baca juga: Hikmahanto: hubungan AS, China akan tetap memanas di era Biden

Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar