Palu (ANTARA) - Imigrasi Kelas I TPI Palu ikut meringankan beban dan penderitaan para korban bencana gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Barat dengan menyalurkan bantuan paket sembako.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu,Wahyu Widodo di sela-sela peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-71 di Palu, Selasa, mengatakan bantuan itu merupakan bentuk rasa solidaritas terhadap korban gempa bumi di Sulbar.

Menurut dia, selaku insan sosial yang hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sudah menjadi gaya hidup anak bangsa untuk saling membantu satu sama lainnya.

Bagaimanapun, penderitaan yang dialami oleh masyarakat dan pemerintah yang ada di Provinsi Sulbar merupakan derita kita bersama.

Baca juga: Jubir Satgas Gempa: Ekonomi Sulbar sudah mulai bergerak

Baca juga: PMI berhasil pertemukan kembali keluarga yang terpisah akibat gempa


"Kita dua tahun lalu pernah merasakan penderitaan yang sama dengan korban gempa bumi di Sulbar, setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang sejumlah wilayah di Sulteng," katanya.

Berbagai pihak ikut menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempab umi di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong, termasuk pemerintah dan masyarakat Sulbar.

Kini, Sulbar yang diguncang gempa bumi dan pihaknya patut bahu membahu membantu mereka yang juga mengalami bencana serupa.

Kegiatan sosial dalam rangka menghadapi Hari Bhakti Imigrasi ke-71 yang di diperingati dalam suasana pandemi COVID-19, Kantor Imigrasi Palu juga menyalurkan bantuan bagi anak-anak panti asuhan yang ada di ibu kota provinsi itu.

Pelayanan lainnya adalah melakukan layanan paspor kolektif di Kabupaten Parigi Moutong.

Upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-71 di Palu dan Sulteng dilakukan melalui virtual.

Selama kegiatan berlangsung, pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Palu terpaksa dihentikan sementara dan dibuka lagi setelah kegiatan selesai.*

Baca juga: PMI bangun gudang logistik permudah distribusi bantuan ke korban gempa

Baca juga: Satgas Gempa Sulbar: Penanganan pengungsi sudah berjalan baik
upacara Hari Bhakti Imigrasi ke-71 di Palu, Selasa (26/1-2021). (Foto Antara/Anas Masa)
upacara Hari Bhakti Imigrasi ke-71 di Palu, Selasa (26/1-2021). (Foto Antara/Anas Masa)

Pewarta: Anas Masa
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021