Bekasi (ANTARA) - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meninjau lokasi kebakaran Kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi di Jalan Lapangan Bekasi Tengah Nomor 2 Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur yang terjadi pada Jumat (29/1) pukul 02.00 WIB.

"Berdasarkan laporan saksi mata, kejadian tersebut disebabkan karena adanya konsleting listrik," kata Rahmat didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Innayatullah di lokasi kejadian, Jumat.

Dia menginstruksikan kepala dinas untuk segera melaporkan peristiwa kebakaran tersebut kepada Polres Metro Bekasi Kota agar dapat teridentifikasi dengan cepat.

Di lokasi kejadian, Wali Kota Bekasi sempat membongkar pintu lantai satu untuk melihat isi ruangan dan menemukan sejumlah berkas telah terbakar.

Usai melihat tempat perkara, dirinya menyambangi para petugas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi yang dengan sigap berhasil memadamkan api.

Baca juga: BPBD DKI Jakarta kerahkan 13 damkar atasi kebakaran rumah di Ancol
Baca juga: Pilar sosial Kemensos bantu korban kebakaran Cideng
Baca juga: KJRI Kuching berikan bantuan sembako 115 PMI korban kebakaran


Kebakaran Kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi berada tepat di belakang Masjid Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Menurut laporan saksi di lokasi kejadian, kejadian ini berawal dari kepulan asap yang terlihat di lantai satu dekat panel listrik.

"Kata anggota kita, anggota Satpol PP yang sedang piket, dia melihat asap di lantai satu sekitar pukul 01.30 WIB. Kebetulan di bawahnya atau lantai dasar pintu masuk bawah tangga terdapat benda yang mudah terbakar. Akhirnya terlihat api yang seketika cepat membesar dan menjalar ke lantai dua dan tiga," katanya.

Beruntung, kata Rahmat, tak lama kemudian petugas pemadam kebakaran segera datang untuk memadamkan api yang sudah terlanjur menjalar tersebut.

Delapan unit mobil pemadam kebakaran yang terdiri atas enam unit mobil dari markas komando, satu unit sektor Bekasi Utara, serta satu unit sektor Rawalumbu berhasil memadamkan api sehingga tidak sampai menghanguskan seluruh gedung.

"Alhamdulillah terima kasih atas kerja keras petugas pemadam kebakaran yang telah sigap hingga berhasil memadamkan api yang muncul sejak pukul 02.00 WIB tadi pagi," kata dia.

Kabag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing Andari mengaku sudah mengetahui informasi tersebut. Pihaknya segera melakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

"Sedang kami selidiki terkait penyebab kebakaran di gedung Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Petugas sudah di lokasi kejadian," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021