Ambon (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno menyatakan sangat mengagumi keindahan dan kekayaan pariwisata provinsi Maluku, yang telah terkenal hingga ke mancanegara.

"Saya sangat kagum dan ingin sekali berkunjung kembali ke Maluku karena daerahnya cantik," kata Sandiaga saat berbicara pada Focus Group Discussion (FGD) dengan tema 'Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata dan Dukungan Infrastruktur di Provinsi Maluku', di Ambon, Jumat.

Sandiaga yang mengikuti FGD tersebut secara virtual karena sedang berada di Bali, mengaku dirinya menjadi bagian dari warga Maluku, karena memiliki garis keturunan warga Negeri Hutumuri, salah satu desa wisata di Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Ia mengaku sangat merasa terhormat pernah mengunjungi Negeri Hutumury tahun 2018 lalu, termasuk mengunjungi Negeri Tulehu yang terkenal sebagai kampung sepakbola.


Baca juga: Kemenparekraf gelar tur virtual ke 10 desa wisata


"Beberapa tempat di Kota Ambon yang pernah saya singgahi ternyata sangat indah sekali. terutama pantai Natsepa di Negeri Suli. Saya selalu makan es kelapa muda dan rujak disitu,"

Rujak Natsepa, es kelapa muda serta beragam penganan lainnya yang dijual di pantai Natsepa, menurut Sandiaga merupakan bagian dari wisata kuliner yang selalu jadi daya tarik bagi wisatawan.

"Ini baru Pulau Ambon. Kita belum bicara mengenai potensi pariwisata di pulau-pulau lain di Maluku, termasuk Pulau Banda yang sangat terkenal dengan potensi wisata sejarah dan bahari," katanya.

Dia menegaskan akan terus mendukung pemulihan sektor pariwisata di provinsi Maluku, karena fokus Kementerian Parekraf selain lima destinasi super prioritas, adalah destinasi-destinasi berkualitas lainnya untuk ditingkatkan.


Baca juga: Menparekraf jadikan desa wisata di Bintan sebagai percontohan

"Insya Allah potensi Maluku termasuk salah satu yang perlu ditingkatkan, karena kita sekarang fokus pada wisatawan domestik," ujar Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, pihaknya telah merencanakan jadwal kunjungan ke Maluku bersama para pejabat Kementerian, serta memohon kerja sama Gubernur Maluku dan masyarakat untuk memajukan sektor pariwisata Ambon dan Maluku di masa mendatang.

Dia berharap pandemi COVID-19 dapat segara diatasi, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan selalu rajin mencuci tangan.


Baca juga: Sandiaga Uno olahraga triathlon di The Mandalika

Baca juga: Sandiaga Uno kunjungi Labuan Bajo

 

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021