Kemarin, gempa pertama di Kalimantan hingga UKBI Adaptif Merdeka

id Gempa Berau,UKBI Adaptif Merdeka,Gempa Pertama Kalimantan,Positif COVID-19,Pejabat Positif COVID-19,Kota Tanjungpinang,Pejabat Kota Tanjungpinang,Data

Kemarin, gempa pertama di Kalimantan hingga UKBI Adaptif Merdeka

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim meluncurkan UKBI Adaptif Merdeka di Jakarta, Jumat (29/1/2021). ANTARA/Indriani.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora menjadi perhatian banyak pengunjung Antaranews kemarin, Jumat (29/1), mulai dari gempa pertama di Kalimantan yang terjadi pada 2021 hingga peluncuran Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim.

1. Gempa Magnitudo 4,1 guncang Berau, Kalimantan Timur
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi dengan magnitudo 4,1 mengguncang Berau, Kalimantan Timur, JUmat pukul 00.42 WIB.

BMKG melalui laman resminya bmkg.go.id dilansir di Jakarta, Jumat (29/1), menyebutkan pusat gempa berada di laut sekitar 76 kilometer tenggara Berau. Titik gempa berada di kedalaman 10 kilometer tepatnya pada 2.03 Lintang Utara dan 118.05 Bujur Timur.

2. Tiga pejabat eselon II Tanjungpinang positif COVID-19
Tiga pejabat Eselon II Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, HZ Dadang AG, Ahadi dan Ruli dirawat di rumah sakit lantaran terkonfirmasi COVID-19.

"Ya benar, staf ahli (Dadang), Kepala Dinas Pertanian (Ahadi) beserta istrinya, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Ruli) terinfeksi COVID-19. Mudah-mudahan segera sembuh," kata Sekretaris Daerah Tanjungpinang Teguh Ahmad Syafari, di Tanjungpinang, Jumat,

3. Gempa Berau, gempa pertama 2021 di Kalimantan
Koordinator bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dengan Magnitudo 4,1 pada Jumat (29/1) pukul 00.42 WIB merupakan gempa pertama yang terjadi di Kalimantan pada 2021.

Dengan kejadian gempa tersebut, BMKG mencatat sejak 1 Januari 2021 telah terjadi sebanyak 77 kali gempa bumi di seluruh Indonesia. Januari 2021 menjadi bulan abnormal untuk aktivitas gempa dirasakan (felt earthquake) di Indonesia, di mana frekuensi aktivitas gempa tektonik yang dirasakan masyarakat terjadi sangat banyak dengan jumlah di atas normal.

4. Kasus COVID-19 bertambah 13.802 menjadi 1.051.795 orang
Data terbaru yang dikumpulkan oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menunjukkan pada Jumat (29/1) terjadi penambahan 13.802 kasus baru serta 10.138 pasien yang telah dinyatakan sembuh dan 187 orang meninggal dunia.

Penambahan tersebut menjadikan akumulasi kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 1.051.795 orang, dengan 852.260 orang telah dinyatakan sembuh dan 29.518 orang meninggal akibat penyakit yang menyerang pernapasan tersebut.

5. Mendikbud luncurkan UKBI Adaptif Merdeka
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka secara daring di Jakarta, Jumat (29/1).

"Kemendikbud melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai unit utama, memiliki komitmen yang sangat tinggi dalam kemajuan bahasa dan kesastraan. Saat ini telah dilakukan banyak inovasi dalam hal pengembangan, pembinaan, dan peningkatan fungsi bahasa Indonesia yang diharapkan dapat bermuara pada layanan profesional di bidang bahasa dan kesusastraan," kata Nadiem dalam sambutannya. (T.D018)

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar