Saya minta kepada GP Ansor untuk dapat membantu kampanye protokol kesehatan kepada masyarakat, baik di setiap kegiatan keagamaan atau organisasi, dan juga membantu identifikasi kasus di masyarakat ...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan COVI-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) mengajak GP Ansor Jawa Timur (Jatim) turut mendukung pemulihan ekonomi nasional dalam penanganan COVID-19.

Dalam diskusi virtual bertajuk "Merawat Perdamaian untuk Pemulihan Ekonomi Nasional", Senin, Menko Luhut meminta GP Ansor Jatim membantu kampanye protokol kesehatan di setiap kegiatan keagamaan dan organisasi.

"Saya minta kepada GP Ansor untuk dapat membantu kampanye protokol kesehatan kepada masyarakat, baik di setiap kegiatan keagamaan atau organisasi, dan juga membantu identifikasi kasus di masyarakat dan menyediakan tempat untuk karantina atau isolasi mandiri," kata Menko Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Pemerintah saat ini fokus pada penanganan COVID-19 di delapan provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Bali.

Strategi yang diterapkan yakni perubahan perilaku serta deteksi awal penyebaran COVID-19, pembangunan pusat karantina dan isolasi, serta manajemen perawatan COVID-19 yang akan difokuskan ke delapan provinsi dengan kasus terbanyak itu.

Baca juga: Kemenkeu prediksikan pemulihan ekonomi kuartal IV 2020 berlanjut 2021

"Dalam tujuh hari terakhir ini, nilai angka positif dan nilai angka pasien yang sembuh dari COVID-19 seimbang. Tetapi, masih diperlukan berbagai strategi untuk terus menekan pertumbuhan angka positif," imbuh Menko Luhut.

Menko Luhut menilai gambaran perekonomian di 2021 akan menunjukkan perbaikan, berdasarkan dengan penanganan COVID-19, ketersediaan stimulus fiskal, implementasi UU Cipta Kerja yang dapat mempermudah investasi, serta kebijakan pengembangan industri nilai tambah di Indonesia.

Penerapan UU Cipta Kerja, kata dia, akan dapat membantu kemudahan perizinan usaha masyarakat. Kemudahan yang akan didapatkan oleh masyarakat dalam sektor Usaha Mikro dan Kecil (UMK) adalah perizinan tunggal, pemberian fasilitas layanan bantuan dan perlindungan hukum, serta mekanisme pendaftaran secara online yang dapat mengurangi potensi adanya korupsi.

"Berbagai kemudahan ini diberikan oleh pemerintah, agar seluruh usaha masyarakat dapat berkembang secara merata," tambahnya.

Baca juga: Menko Airlangga: Pemerintah upayakan ekonomi RI berbalik positif 2021

Kemudahan pembukaan UMK bagi masyarakat juga disambut baik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jatim akan memanfaatkan kemudahan itu mengembangkan ekonomi di wilayah tersebut.

"Melalui adanya kemudahan tersebut, Pemerintah Daerah Jatim akan mendorong masyarakat untuk mengembangkan ekonomi melalui format ekonomi kreatif atau penggarapan lahan yang dapat dipakai untuk tanam kopi dan coklat," kata Khofifah.

Senada Ketua GP Ansor Jatim Syafiq Syauqi juga menyambut kemudahan usaha yang difasilitasi pemerintah dalam UU Cipta Kerja.

"GP Ansor Jawa Timur saat ini juga sedang mengembangkan usaha ekonomi kreatif bagi anggota kami, di bidang kuliner, fesyen, dan juga sinematografi," katanya.

Baca juga: Sandiaga Uno dorong pemulihan ekonomi kreatif saat pandemi



 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021