kita dapat mengantisipasi permasalahan yang akan timbul dan mengambil tindakan untuk melakukan pencegahan dini
Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menggunakan  aplikasi Sistem Data Pembangunan (Sidalang) dan aplikasi  sistem Elektronik Monitoring Evaluasi (E-Monev) untuk melaksanakan pembangunan yang sistematis dan terukur.

"Ini merupakan pengembangan dari aplikasi sebelumnya yang merupakan alat untuk mengevaluasi progres kegiatan pembangunan secara daring," ujar Wakil Bupati Gorontalo, Herman Walangadi, Rabu.

Baca juga: Gorontalo Utara terapkan konsep Wisata Tangguh

Ia menjelaskan hal itu untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas alokasi sumber daya pembangunan serta akuntabilitas dan transparansi.

"Melalui pemantauan dan evaluasi perencanaan pembangunan ini kita dapat mengantisipasi permasalahan yang akan timbul, dan mengambil tindakan untuk melakukan pencegahan dini," ungkapnya.

Baca juga: Polda Gorontalo salurkan bantuan korban bencana Sulbar

Oleh karena itu menurut Herman, dalam suatu pelaksanaan program perlu memperhatikan sisi perencanaan serta evaluasi sebagai penentu tercapainya sasaran suatu kegiatan.

Baca juga: Garuda Indonesia batalkan sejumlah jadwal rute Jakarta-Gorontalo

"Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2006 Tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan mengamanatkan kepada Pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) sesuai kewenangan masing–masing," katanya.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021