Jakarta (ANTARA) - Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan tes kepribadian yang populer di dunia, di mana kita dapat mengetahui salah satu dari 16 tipe kepribadian yang paling mencerminkan diri kita.

Dalam rangka menyambut Hari Valentine, berikut ini adalah beberapa karakter dan pasangan drakor ideal yang mungkin bisa berbagi kesamaan dan kecocokan dengan kita dalam hal percintaan, berdasarkan kepribadian MBTI.

Coba temukan tipe pasangan seperti apakah Anda berdasarkan kepribadian MBTI. Cari tahu pula karakter drama Korea yang memiliki persamaan dengan Anda, serta pasangan drama Korea Anda yang ideal.

INTP
INTP mungkin terlihat mandiri dan tidak suka basa-basi, namun sesungguhnya mereka lebih suka memberikan "kode" kepada orang yang disukai dan menunggu untuk didekati. INTP bisa menjadi pasangan yang setia dan penuh semangat, serta cenderung memilih untuk menghindari konflik sebisa mungkin, seperti dikutip dari keterangan resmi Netflix, Sabtu.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Ahn Eun-young dari "The School Nurse Files"Pasangan drakor ideal: Kang Chul dari "W-Two Worlds Apart".

INTJ
Dalam hal percintaan, INTJ adalah pasangan yang setia, strategis, dan dapat diandalkan dalam menyusun rencana. Namun ekspektasi mereka yang terkadang bisa berlebihan membuat para INTJ membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa jatuh cinta.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Chae Song-hwa dari "Hospital Playlist"Pasangan drakor ideal: Yoo Si-jin dari "Descendants of the Sun"

Baca juga: Enam soundtrack drama "Mr. Queen" yang bikin penasaran

Baca juga: "Love (ft. Marriage and Divorce)", drakor tentang kehidupan pernikahan


INFP
Sebagai sosok yang mengayomi dan penuh empati, para INFP adalah sosok hopeless romantic yang percaya akan cinta sejati. Namun kecenderungan mereka untuk menaruh harapan terlalu banyak kepada pasangan membuat mereka menjadi lebih pemilih dalam menemukan pasangan yang ideal.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Yoon Ji-ho dari Because "This Is My First Life"Pasangan drakor ideal: Koo Chan-sung dari "Hotel Del Luna"

INFJ
INFJ cenderung serius dalam urusan percintaan dan selalu mencari cara untuk bisa memperkuat sebuah hubungan. Begitu menemukan orang yang didambakan, INFJ tidak akan menyia-nyiakan pasangannya dan siap untuk memberikan perhatian, memahami, dan mendukung mereka.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Go Ae-shin dari "Mr. Sunshine"Pasangan drakor ideal: Gu Seung-joon dari "Crash Landing on You".

ISTP
Cinta adalah hal yang cukup rumit dan menarik untuk ISTP. Meskipun cenderung spontan dan memilih berfokus ke masa sekarang, ISTP suka menyembunyikan perasaan mereka dan sering kali membutuhkan waktu sendiri agar dapat membina hubungan yang bahagia dan stabil.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Kang Sa-ra dari "Beauty Inside"Pasangan drakor ideal: Kang Sun-woo dari "Oh My Ghost"

ISTJ
Setia dan dapat diandalkan, ISTJ menganggap komitmen dan keluarga sebagai hal utama dalam hidup mereka. Meskipun lebih memilih untuk selalu berada di zona nyaman, mereka tetap bisa diandalkan dan berdedikasi tinggi dalam menjalin sebuah hubungan.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Lee Yeon-seo dari "Angel's Last Mission: Love"Pasangan drakor ideal: Kim Tan dari "Inheritors".

ISFP
ISFP bisa terlihat misterius di awal karena ada kecenderungan untuk melindungi sisi sensitif mereka. Ketika akhirnya menemukan pasangan yang dipercaya, ISFP akan menjadi sosok yang sabar, santai, dan akan selalu menemukan cara untuk menunjukkan kepedulian mereka.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Kang Mi-rae dari "My ID Is Gangnam Beauty". Pasangan drakor ideal: Hong Dae-young dari "18 Again".

Baca juga: Drakor tayang Februari, "Vincenzo" hingga "Sisyphus: The Myth"

Baca juga: Sinopsis singkat drama terbaru Ryu Jun Yeol "Disqualified as a Human"


ISFJ
ISFJ adalah sosok yang pemalu, baik hati, penolong, dan suportif. Walau mungkin kesulitan mengekspresikan emosi, ISFJ selalu serius dalam berpacaran dan hanya akan memulai sebuah hubungan jika kemungkinannya besar untuk bertahan lama.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Dong-baek dari "When the Camellia Blooms". Pasangan drakor ideal: Ko Dong-man dari "Fight for My Way"

ENTP
Berpikiran terbuka dan spontan, ENTP senang mencoba hal-hal baru dan selalu mencari cara kreatif agar dapat mengejutkan pasangannya. Meskipun terkadang suka lupa dengan keadaan sekitar, Anda selalu dapat mengandalkan ENTP untuk memperbaiki diri sendiri dan mendorong pasangannya untuk melakukan hal yang sama.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Im Jin-ju dari "Be Melodramatic". Pasangan drakor ideal: Han Ji-pyeong dari "Start-Up".

ENTJ
ENTJ adalah sosok yang berorientasi pada tujuan dan sering kali memimpin sebuah hubungan karena merasa bertanggung jawab untuk membuatnya tetap hidup. Jika tidak berhati-hati, mereka bisa dianggap terlalu mendominasi dan kurang peka.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Ko Mun-yeong dari "It's Okay to Not Be Okay". Pasangan drakor ideal: Seo Jeong-hu dari "Healer".

ENFP
Ekspresif dan penuh kasih sayang, ENFP berusaha semaksimal mungkin dalam membina sebuah hubungan dan siap mengabdikan diri kepada pasangan mereka. Ketika semangat dan dedikasi mereka tidak berbalas, mereka bisa merasa sedih atau disalahpahami. ENFP juga sosok yang cenderung sulit menerima patah hati.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Do Bong-soon dari "Strong Girl Bong-soon". Pasangan drakor ideal: Sunwoo Jun dari "Do Do Sol Sol La La Sol".

ENFJ
ENFJ merupakan sosok yang serius ketika berpacaran dan percaya bahwa pasangan mereka juga memiliki pandangan yang sama terhadap sebuah hubungan. Tidak egois dan cepat tanggap, ENFJ merasa senang ketika berhasil membahagiakan pasangan dengan usaha mereka.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Yun Se-ri dari "Crash Landing on You". Pasangan drakor ideal: Kwon Si-hyeon dari "Tempted".

Baca juga: Kim Seon Ho jadi cameo di serial drama "Run On"

Baca juga: Tujuh karakter pria berhati emas di drama Korea


ESTP
Daya tarik alami dan sifat pragmatis ESTP memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Di satu sisi, antusiasme dan kepribadian mereka yang sulit ditebak dapat membuat sebuah hubungan menjadi lebih menarik. Namun, mereka juga mudah merasa bosan dan dapat melupakan dengan cepat jika hubungan tidak berjalan dengan baik.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Go Hae-ri dari "Vagabond". Pasangan drakor ideal: Kim Shin dari "Guardian: The Lonely and Great God".

ESTJ
ESTJ selalu bersikap apa adanya, dapat diandalkan, dan lebih memilih untuk mengutarakan maksud mereka dari awal. Akan tetapi, mereka juga bisa menjadi sosok yang keras kepala dan tanpa disadari menyakiti perasaan pasangan mereka.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: An Jeong-ha dari "Record of Youth"Pasangan drakor ideal: Nam Do-san dari "Start-Up".

ESFP
Ramah dan berjiwa bebas, ESFP senang mencoba hal-hal baru dan seru bersama pasangan. Namun mereka juga bisa cenderung menghindari janji dan komitmen, sehingga membutuhkan waktu dan upaya yang cukup lama agar bisa menciptakan sebuah hubungan yang kuat.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Kim Bok-joo dari "Weightlifting Fairy Kim Bok Joo". Pasangan drakor ideal: Cha Dal-geon dari "Vagabond".

ESFJ
Selain cinta dan kesetiaan, ESFJ percaya akan pentingnya saling menghormati dan mendukung satu sama lain agar dapat memiliki hubungan yang stabil dan harmonis. Impian dan opini mereka perlu dihargai agar tidak merasa kecewa.

Anda memiliki sifat yang mirip dengan: Kang Dan-i dari "Romance Is a Bonus Book". Pasangan drakor ideal: Yi Rim dari "Rookie Historian Goo Hae-ryung".

Baca juga: Rekomendasi drama Korea berdasarkan tipe kepribadian MBTI

Baca juga: Tujuh fakta tentang drakor "River Where The Moon Rises"

Baca juga: Enam drakor terbaru, kisah romantis hingga perburuan psikopat

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021