Tokyo (ANTARA) - Dolar Amerika mengawali pekan ini dengan mendekati posisi terendah dua minggu di perdagangan Asia pada Senin pagi, ketika para pedagang mempertanyakan apakah pemulihan dari pandemi di Amerika Serikat akan secepat yang diharapkan.

Bitcoin diperdagangkan di bawah 49.000 dolar AS setelah mencapai rekor 49.714,66 dolar AS selama akhir pekan, menyusul dukungan minggu lalu oleh Tesla dan Bank of New York Mellon.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya berada di 90,427, mendekati posisi terendah minggu lalu di 90,249 - level yang tidak terlihat sejak 27 Januari.

Indeks tersebut mencapai puncak dua bulan di 91,6 pada 5 Februari di tengah harapan bahwa rebound AS akan melebihi ekonomi-ekonomi utama lainnya, tetapi sejak itu mundur di tengah data ketenagakerjaan yang mengecewakan.

"Rebound dolar ... diprakarsai oleh kinerja ekonomi AS yang relatif lebih baik, atau ekspektasinya," kata Shinichiro Kadota, ahli strategi mata uang senior di Barclays Capital di Tokyo. "Sekarang pasar sedang mencari bukti nyata bahwa ekonomi AS berkinerja baik."

“Data ekonomi perlu diperbaiki,” ujarnya.

Euro sedikit berubah pada 1,21215 dolar setelah naik 0,6 persen minggu lalu. Dolar naik 0,2 persen menjadi 105,09 yen, pulih dari kerugian 0,4 persen minggu sebelumnya.

Banyak pasar keuangan di Asia masih tutup pada Senin untuk Tahun Baru Imlek, dengan Amerika Serikat juga libur untuk Hari Presiden.

Telah terjadi tarik-menarik atas arah dolar tahun ini dengan beberapa pelaku pasar memperkirakan akan menguat karena ekonomi AS mengungguli rekan-rekannya termasuk Eropa.

Yang lain memandang pemulihan AS sebagai pendorong utama dalam narasi reflasi global yang seharusnya mengangkat aset-aset berisiko dengan mengorbankan dolar.

“Kisah kinerja lebih baik AS ... masih harus berjalan lebih jauh berkat stimulus fiskal dan penyebaran vaksin yang lebih cepat,” tulis ahli strategi Westpac dalam catatan kliennya.

"Tapi pengaturan kebijakan fiskal dan moneter reflasioner agresif AS yang sedang berlangsung akan meninggalkan dolar pada tren penurunan jangka menengah yang berkelanjutan," kata catatan itu, mengacu pada indeks dolar.

Bitcoin terakhir diperdagangkan pada 48.772 dolar AS, sedikit berubah dari rekor tertinggi. Bitcoin melonjak sekitar 25 persern minggu lalu menjadi kinerja terbaiknya sejak pergantian tahun.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021