Danlanal Dumai: Keberadaan Posal Selatpanjang perkuat keamanan laut

id lanal dumai, danlanal dumai, pos tni al, posal selatpanjang

Danlanal Dumai: Keberadaan Posal Selatpanjang perkuat keamanan laut

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Himawan MMSMC saat menandatangani prasasti Pos AL Selatpanjang. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Kepulauan Meranti (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Himawan meresmikan renovasi Pos TNI AL Selatpanjang di Jalan Jawi-Jawi, dalam rangka memperkuat menjaga keamanan dan penegakan hukum di wilayah laut Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Selasa.

"Atas nama pimpinan TNI Angkatan Laut saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah Daerah dalam renovasi Pos AL Selatpanjang ini. Semoga ini dapat menunjang kami dalam menjaga keamanan dan penegakan hukum di laut di wilayah pesisir," ujarnya.

Pos AL Selatpanjang sejak pada tahun 1996 silam yang saat itu masih berupa Unit Tugas Keamanan Laut yang memiliki tugas utama untuk menegakkan hukum dan menjaga keamanan laut di daerah yuridis nasional.

"Seiring perkembangan zaman dan kompleksnya dinamika permasalahan di wilayah Laut Selatpanjang, pada tahun 2007 Unit Tugas Keamanan Laut Selatpanjang ditingkatkan kapasitasnya menjadi Pos AL hingga sekarang ini," jelasnya.

Menurut dia, ke depan tidak menutup kemungkinan Pos AL Selatpanjang akan ditingkatkan lagi menjadi Pangkalan Laut. Pertimbangan itu melihat wilayah Kepulauan Meranti yang semakin luas dan berada di kawasan strategis nasional, karena berhadapan langsung dengan Selat Malaka di negara tetangga Malaysia, dan Singapura.

"Saya berharap keberadaan Pos AL Selatpanjang ini dapat menjadi mitra pemerintah dan instansi terkait lainnya dalam menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayah pesisir khususnya Kepulauan Meranti," ujarnya.

Tak hanya menjaga keamanan laut, Himawan juga menginstruksikan kepada Danposal Selatpanjang Letda Jerry Hendra agar turut berperan dalam pembinaan masyarakat yang berada di wilayah pesisir, sehingga mampu mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Lanal Dumai gagalkan penyelundupan sabu 10,7 kg asal Malaysia
Baca juga: Lanal Dumai amankan 23 TKI nekat pulang secara ilegal dari Malaysia

Pewarta : Rahmat Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar