Indonesia memiliki kekayaan yang sangat tinggi mengenai wastra di dunia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sepakat untuk mengembangkan wastra (kain tradisional) sebagai kekayaan budaya nasional yang bernilai ekonomi tinggi sekaligus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021.

“Indonesia memiliki kekayaan yang sangat tinggi mengenai wastra di dunia. Kementerian Koperasi dan UKM sudah melihat dan memutuskan akan mengembangkan produk UKM yang punya unggulan, salah satunya wastra. Wastra kita unggul karena selain berbasis kekayaan budaya dan juga berbahan baku lokal,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keteranganya di Jakarta, Rabu.

Teten menegaskan wastra sebagai produk budaya memiliki keunggulan ekonomi yang sangat potensial untuk dikembangkan terutama melalui program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

“Kita pikirkan bagaimana dari wastra yang high-end product tapi bisa juga kita kembangkan, misalnya bisa menjadi multifungsi, sehingga nilai ekonominya memberi kesejahteraan para pelaku wastra itu sendiri, yakni para para perajinnya,” kata Menkop UKM.

Sementara Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid mengatakan pihaknya telah melakukan diskusi terkait perlunya pembagian fokus tugas antara kedua pihak dalam kerja sama dua kementerian tersebut.

Kemendikbud melalui Dirjen Kebudayaan fokus pada hulu terutama dalam kaitannya dengan kreasi, riset, sejarah, dan lainnya. Adapun Kemenkop UKM fokus pada pengembangan usaha.

“Kami sepakat mengembangkan program-program yang konkrit, dan ada rencana pembuatan film dokumenter untuk 5 destinasi super prioritas itu juga akan masuk, dan juga beberapa gagasan lain terkait pengembangan produk nanti risetnya terutama mengenai sejarah dan aspek kebudayaannya ada di kami,” katanya.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Fiki Satari mengatakan kerja sama ini menjadi tindak lanjut dari program Cerita Wastra yang diselenggarakan Kemenkop UKM bersama Dekranas beberapa waktu lalu.

Harapannya, Cerita Wastra bisa menjadi gerakan nasional yang memberikan semangat baru bagi generasi penerus bangsa untuk terus melestarikan kebudayaan Indonesia.

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021