Di dunia dengan tingkat suku bunga yang sangat rendah, kelipatan jenis harga-pendapatan cenderung tinggi
Washington (ANTARA) - Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan pada Kamis (18/2/2021) peningkatan prevalensi perdagangan tanpa komisi telah mendorong investor ritel lebih terlibat dalam saham, dan Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) akan menyiapkan laporan tentang praktik perdagangan di tengah volatilitas baru-baru ini.

"Kesimpulan luas kami adalah bahwa pasar bekerja dengan cukup baik," dengan infrastruktur inti yang tangguh meskipun perdagangan berat dan volatilitas tinggi, Yellen mengatakan kepada CNBC dalam sebuah wawancara, mengacu pada pertemuan regulator baru-baru ini tentang perdagangan ritel yang menyebabkan peningkatan perdagangan di GameStop dan saham lain yang disukai di media sosial.

“Kami benar-benar perlu melihat apakah praktik perdagangan tersebut sejalan dengan perlindungan investor dan pasar yang adil dan efisien,” tambahnya.

Baca juga: Wall Street ditutup jatuh, Indeks Dow Jones dan Nasdaq merosot

Mengenai valuasi saham yang tinggi di tengah pengangguran yang tinggi, Yellen mengatakan hal ini sebagian disebabkan oleh tingkat suku bunga yang sangat rendah yang menyebabkan uang masuk ke saham.

"Di dunia dengan tingkat suku bunga yang sangat rendah, kelipatan jenis harga-pendapatan cenderung tinggi," katanya, menambahkan: "Mungkin ada sektor di mana kita harus sangat berhati-hati."

Baca juga: Dolar tergelincir, kripto jatuh setelah data ekonomi AS mengecewakan

Yellen juga mengatakan pasar untuk surat utang pemerintah AS tetap "kuat" dan bahwa dia tidak melihat masalah dengan kemampuan Departemen Keuangan untuk membiayai defisit anggaran AS. Federal Reserve (Fed) akan membeli utang pemerintah apa pun yang sesuai untuk tujuan kebijakan moneter bank sentral, tambahnya.

Ditanya apakah dia ingin mengatur mata uang kripto seperti bitcoin, Yellen menyebutnya "investasi spekulatif berisiko tinggi" yang telah melihat lonjakan nilai baru-baru ini. Prioritas utama adalah memastikan bahwa bitcoin tidak digunakan sebagai kendaraan untuk transaksi ilegal dan perlindungan investor tetap terjaga, katanya.

Memastikan bahwa perusahaan yang berurusan dengan bitcoin dan mata uang kripto lainnya “mematuhi tanggung jawab peraturan mereka, saya pikir itu penting,” tambah Yellen.

Baca juga: Harga emas naik 2,2 dolar, hentikan kerugian 4 hari beruntun

Baca juga: Harga minyak jatuh, setelah melonjak tembus 65 dolar


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021