Minggu ini kita mengusulkan 28 objek di Bangka Barat ke Kementerian ESDM untuk ditetapkan sebagai warisan geologi nasional
Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengusulkan 28 objek wisata di Kabupaten Bangka Barat sebagai warisan geologi nasional guna menggali potensi geopark demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Minggu ini kita mengusulkan 28 objek di Bangka Barat ke Kementerian ESDM untuk ditetapkan sebagai warisan geologi nasional," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan sebanyak 28 objek wisata sejarah dan geopark di Bangka Barat yang diusulkan ke Kementerian ESDM di antaranya Geosite Pantai Pasir Kuning, Bukit Penyabung, Air Terjun Bukit Tani, Wisata Alam Air Bait.

Selain itu objek wisata sejarah Bukit Menumbing, Tanjung Kalian, Bukit Nibung, Batu Belimbing, Pantai Jerangkat, dan Bukit Mentulut. Selain itu terdapat potensi biodiversity yang hanya dapat dijumpai di Bangka Barat yakni burung Rangkong Kereng Hitam.

Baca juga: Warisan Geologi Nasional di Padagimo diharapkan segera ditetapkan

"Usulan ini sebagai usaha pemda untuk menggali potensi geopark di Bangka Belitung. Dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui aktivitas serta kreativitas yang dilakukan masyarakat di kawasan geoheritage," ujarnya.

Menurut dia, untuk menjadi warisan geologi, ada tahapan yang harus dilalui yaitu mulai pengusulan dari daerah ke Kementerian ESDM. Selanjutnya Kementerian ESDM membentuk tim verifikasi dan proses verifikasi dan kegiatan focus group discussion oleh pemerintah daerah. Setelah itu, kawasan tersebut barulah dapat ditetapkan sebagai warisan geologi.

"Kami berharap Pemkab Bangka Barat bersama para komunitas untuk senantiasa merawat kawasan yang dijadikan usulan geoheritage. Di samping itu kita dapat mencari potensi unik yang tidak dimiliki daerah lain untuk dijadikan sebagai unggulan," katanya.

Baca juga: Bojonegoro akan masuk "warisan geologi" nasional?

Sekretaris Badan Pengelola Geopark Bangka Barat Arie Kurniardi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Babel Erzaldi yang menyetujui pengusulan geoheritage di Bangka Barat

"Alhamdulillah Pak Gubernur men-support penuh usulan ini. Untuk menjadikan geoheritage syaratnya harus mendapatkan persetujuan dari gubernur," ujarnya.

Kepala Bidang Persik BP4D Bangka Barat  Safrizal mengatakan salah satu warisan geologi yang menjadi unggulan dan berkelas dunia dilihat dari keunikan sejarah geologinya adalah batuan yang terkait dengan tin belt.

Baca juga: Bangka Barat bidik wisata sejarah dan budaya
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021