Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk saat ini masih terus melakukan penanganan di sejumlah Jalan Tol Jasa Marga Group yang saat ini telah mulai surut dan beroperasi normal kembali.

"Genangan yang terpantau di Jalan Tol Jagorawi Km 3+800 arah Jakarta saat ini telah dapat dilintasi di Lajur (L) 2 s.d L5, dan genangan di L1 telah berangsur-angsur surut," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Dwimawan Heru dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu.

Heru juga menambahkan, untuk Jalan Tol Dalam Kota Jakarta yang sebelumnya terdapat genangan di Km 00+100, saat ini telah surut dan beroperasi normal kembali.

Jasa Marga juga sedang melakukan penanganan genangan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 19 dan Jalan Tol Jakarta-Tangerang.

Untuk jalan tol Jakarta-Cikampek Km 19 arah Jakarta saat ini terpantau genangan terdapat di bahu jalan, L1 dan L2, namun L3 sampai dengan L4 bisa dilintasi semua kendaraan.

Saat ini dilakukan penanganan dengan penempatan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi, penutupan sementara rest area KM 19A, pemberlakuan rekayasa lalu lintas contraflow Km 21 sd KM 14 arah Jakarta sejak pukul 15.00 WIB, pembuatan tanggul sementara, memfungsikan 5 unit pompa serta penambahan saluran samping untuk mengalirkan luapan air Kali Jambe Bekasi.
Baca juga: Jasa Marga memberlakukan contraflow di tol Japek arah Jakarta

Sedangkan untuk jalan tol Jakarta-Tangerang Km 4 arah Jakarta maupun arah Tangerang saat ini terdapat genangan di L1. Kendati demikian L2 dan L3 bisa dilintasi kendaraan.

Genangan yang diakibatkan oleh meluapnya air Kali Pesanggrahan saat ini tengah dilakukan penanganan berupa pemasangan tanggul dan pompa serta pengaturan lalu lintas oleh petugas.

Untuk Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan di terowongan dan dilakukan penutupan total di off ramp. Kendaraan dialihkan untuk dikeluarkan melalui GT Cikupa.

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini. Antisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor telepon 14080 dan Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas).

Baca juga: Genangan air akibatkan lalu lintas kendaraan di Tol Japek padat
Baca juga: Jasa Marga tangani genangan air di jalan tol Jakarta-Cikampek

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2021