YouTube kini berikan opsi pemutaran 4K, meski perangkat tak dukung 4K

id Youtube

YouTube kini berikan opsi pemutaran 4K, meski perangkat tak dukung 4K

Siluet pengguna perangkat mobile terlihat di sebelah proyeksi layar logo Youtube dalam ilustrasi gambar yang diambil 28 Maret 2018. REUTERS / Dado Ruvic / Illustration (reuters.com)

Jakarta (ANTARA) - YouTube untuk Android kini memungkinkan beberapa pengguna memutar video hingga resolusi 4K pada 60FPS dengan HDR pada perangkat dengan tampilan layar yang lebih rendah.

Fitur baru tersebut, dikutip dari GSM Arena, Minggu, tampaknya merupakan pembaruan sisi server. Sementara, tahun lalu, aplikasi YouTube iOS juga memperoleh opsi pemutaran 4K dengan peluncuran dari iOS 14.

Baca juga: YouTube uji coba fitur beli produk yang tampil dalam video

Baca juga: YouTube Gaming capai rekor ditonton lebih dari 100 miliar jam


Sebelumnya, selama memiliki smartphone yang mendukung resolusi 4K, pengguna dapat menonton video YouTube dalam resolusi tinggi, tentunya jika koneksi internet mendukung.

Kini, penambahan opsi resolusi 4K dilakukan untuk semua perangkat Android, meskipun perangkat tidak mendukung kemampuan tersebut. Namun, opsi 4K dijanjikan akan membuat pengalaman menonton lebih baik dengan gambar yang lebih tajam.

Dari pantauan Antara, opsi 4K tampaknya belum tersedia, meskipun telah melakukan upadate versi terbaru. Opsi tersebut hanya tersedia bagi perangkat yang memang memiliki kemampuan 4K.

Pengujian yang dilakukan GSM Arena pada perangkat Galaxy S10e pemutaran dengan opsi 2160p atau 4K bekerja baik. Namun, tampilan menjadi buruk saat dicoba pada Galaxy Tab S52 dengan bingkai yang terpotong, sehingga masih perlu dilihat kembali perangkat mana yang akan mendapatkan fitur baru ini.

Baca juga: JB GOT7 luncurkan saluran YouTube pribadi

Baca juga: YouTube bayar total lebih dari 30 miliar dolar AS kepada para kreator

Baca juga: YouTube uji coba fitur buat klip pendek dari siaran langsung

Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar