Mataram (ANTARA) - Yayasan Palawa Indonesia (YPI) dan Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) akan menggelar Unpad Manglayang Trail Running (MTR) 2021 di kawasan Gunung Manglayang pada 27 Juni 2021 mendatang.

Ketua Panitia Unpad MTR 2021, Juston Pangaribuan melalui siaran persnya yang diterima Antara, Minggu, menyatakan optimistis event tersebut akan mendapatkan respons positif dari peserta.

Kendati demikian, kata dia, bentuk kegiatannya akan sangat berkaitan dengan situasi pandemi COVID-19 saat ini.

Baca juga: TROI Foundation gelar simulasi wisata olahraga di tengah pandemi

"Kami memantau ketat dinamika yang ada. Karena itu kami mengantisipasinya dengan menyelenggarakan kegiatan dalam dua platform yaitu race dan virtual run," katanya.

Ia menambahkan, kegiatan ini sudah disiapkan untuk berjalan dalam sesi lima tahun ke depan.

Lintasan lari lintas alam yang menantang dengan pemandangan indah di Gunung Manglayang adalah aset berharga yang dapat mendorong upaya sport tourism. Melalui Unpad MTR 2021, sisi ini akan mendapat perhatian khusus dengan tetap mengupayakan kebijakan lokal dan respek terhadap lingkungan.

Lomba lari trail atau lintas alam di Kawasan Gunung Manglayang ini diselenggarakan sebagai kegiatan kolaborasi antara IKA Unpad dan YPI. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk mewujudkan misi IKA Unpad dengan kepengurusan yang baru untuk “Ngapungkeun Unpad” ke kancah internasional melalui beragam kegiatannya.
Baca juga: Wagub Uu ajak masyarakat ikut lari lintas alam di Jawa Barat


Manglayang Trail Running sendiri merupakan kegiatan YPI yang sukses diselenggarakan pada 2015-2016.

Kegiatan ini pun telah menjadi referensi para pelari trail untuk berlomba. Manglayang Trail Running dinilai istimewa karena medannya berada di Gunung Manglayang yang menantang dilihat dari kontur dan karakter jalurnya. Gunung Manglayang dipilih menjadi lintasan lari karena posisinya persis di belakang Kampus Unpad Jatinangor.

Selain itu, lokasinya juga merupakan "ruang" latihan anggota Palawa atau Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Unpad.
Jalur lari lomba akan mengambil lintasan start dari Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor. Bagi pelari yang mengambil rute Marathon dan Half Marathon, akan mendapat suguhan trek hingga ketinggian menuju puncak 1.818 mdpl.

Sementara itu, Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan menyatakan pihaknya akan maksimal mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

"Sehingga dapat menjadi daya dorong penyelenggaraan kegiatan kami yang lainnya," katanya.

Lebih lanjut Irawati juga mengatakan program-progam IKA Unpad pada masa kepengurusannya harus saling bahu membahu dalam menjunjung misi “Ngapungkeun Unpad”.

Baca juga: Sumatera Jungle Run di Riau batal akibat lonjakan COVID-19

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021