Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat menyiapkan infrastruktur pendukung terwujudnya era kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di NTB.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran, di Mataram, Senin, mengatakan terwujudnya era KBLBB dapat mendukung peningkatan ketahanan energi, khususnya di NTB. Selain itu, kendaraan listrik merupakan salah satu solusi untuk mencapai ketahanan energi yang seimbang.

"Kami memastikan kesiapan dengan penyediaan infrastruktur pendukung KBLBB di NTB, melalui stasiun pengisian listrik umum (SPLU)," katanya.

SPLU yang sudah beroperasi dapat digunakan untuk mendukung penggunaan dan menghadirkan kemudahan bagi pengguna listrik.

Saat ini, SPLU telah terpasang di beberapa lokasi di Kota Mataram, seperti lapangan Sangkareang, Masjid Islamic Center, dan Taman Udayana.

"Ke depan, kami akan menambah SPLU di tempat-tempat strategis guna memudahkan pengguna kendaraan listrik," ujarnya.

Lasiran juga optimis, masifnya kendaraan listrik mendukung alam menjadi lebih bersih. Pasalnya, kendaraan listrik juga lebih ramah lingkungan karena menghasilkan emisi karbon dioksida (CO2) yang lebih sedikit dibandingkan mobil biasa. Dengan begitu, akan meningkatkan kualitas udara.

Guna mengoptimalkan penggunaan kendaraan listrik di dalam komunitas, PLN Unit Induk Wilayah NTB juga mendorong mitra kerja untuk memakai kendaraan listrik dalam operasionalnya.

Selain itu, pihaknya juga tengah menyiapkan kerja sama dengan salah satu layanan ojek daring (online).

"Kami juga mendukung mitra kerja di sisi pelayanan teknik dan lainnya untuk menggunakan kendaraan listrik dalam operasionalnya," katanya.
Baca juga: Kemenperin: Pemerintah percepat kembangkan industri kendaraan listrik
Baca juga: Kementerian ESDM apresiasi tambahan stasiun listrik PLN di jalan tol
Baca juga: PLN tekan emisi karbon, dukung percepatan kendaraan listrik

Pewarta: Awaludin
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021