Padang (ANTARA) - Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldi dijadwalkan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (25/2).

"Kita sudah dapat konfirmasi dari Kementerian Dalam Negeri dan Sekretaris Negara," kata Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Dikominfo) Sumbar, Jasman Rizal di Padang, Rabu.

Ia mengatakan untuk pelantikan tersebut pejabat Pemprov Sumbar tidak ada yang diundang. Undangan hanya diberikan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar terpilih beserta isteri ditambah dengan Ketua DPRD Sumbar.

"Sekarang Penjabat Gubernur Sumbar sudah berangkat ke Jakarta untuk persiapan pelantikan gubernur dan wakil Gubernur Sumbar terpilih," katanya.

Baca juga: Gubernur Sumbar terpilih diminta prioritaskan pengendalian COVID-19

Baca juga: Cagub Sumbar Mulyadi persoalkan penetapan tersangka ke MK


Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldi juga sudah menuju Jakarta untuk persiapan pelantik di Jakarta.

Sebelumnya, KPU Sumbar dan DPRD sudah menetapkan Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldi pemenang Pilgub Sumbar 2020. Pasangan diusung koalisi PKS dan PPP ini meraih sebanyak 726.853 suara. Mereka unggul dari pasangan nomor urut 2 dari Partai Gerindra Nasrul Abit – Indra Catri yang memperoleh 679.069 suara.

Pasangan nomor urut 1, Mulyadi-Ali Mukhni dari koalisi Demokrat-PAN menempati posisi ketiga dengan meraih  614.477 suara. Di posisi terakhir ada pasangan Fakhrizal-Genius Umar dari koalisi Golkar, Nasdem dan PKB yang hanya mengumpulkan 220.893 suara.

KPU Sumbar juga mencatat pada pemilihan gubernur tahun ini, sebanyak 2.313.278 pemilih atau sekitar 61,68 persen dari daftar pemilih menyalurkan hal pilihannya. Dari jumlah itu, 2.241.292 suara dinyatakan sah dan 71.986 tidak sah. 

Baca juga: Nasrul telepon Mahyeldi setelah gugatan ditolak MK

Baca juga: Mendagri tunjuk Sekda Alwis jadi Plh Gubernur Sumbar

Baca juga: Hasil Pilgub Sumbar disengketakan dua paslon ke MK

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021