Presiden: Perluasan lapangan kerja dari pelaku usaha dan swasta

id Presiden jokowi, perluasan lapangan kerja

Presiden: Perluasan lapangan kerja dari pelaku usaha dan swasta

Pekerja melayani pengunjung di Krisna Oleh-Oleh Bali, Kuta, Badung, Bali, Sabtu (30/1/2021). . ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengatakan perluasan lapangan kerja secara jangka panjang tercipta dari pelaku usaha dan sektor swasta.

Demikian disampaikan Presiden dalam arahannya di acara Macro Economy Outlook 2021 yang diselenggarakan salah satu media, yang disaksikan secara virtual di Jakarta, Kamis.

"Melalui program padat karya, belanja pemerintah dan lainnya, penciptaan lapangan kerja bisa diciptakan dalam jangka pendek. Tetapi penciptaan dan perluasan lapangan kerja adalah dari pelaku usaha dari sektor swasta," ujar Presiden.

Presiden mengatakan perluasan lapangan kerja dari pelaku usaha dan swasta dilakukan dengan menghidupkan kembali usaha-usaha yang sudah berjalan maupun merintis usaha-usaha baru, baik dengan dana sendiri, pendanaan dari bank, nonbank maupun mengundang investor dari luar negeri.

Kepala Negara mengingatkan dalam rangka mendorong perekonomian swasta, kredit perbankan harus dikucurkan dengan kehati-hatian dan tetap menjaga kesehatan bank.

"Saya senang memperoleh laporan rasio kewajiban penyediaan modal minimum 23,78 persen, dan bank telah menyiapkan cadangan yang memadai jika ada peningkatan kredit berisiko," jelasnya.

Baca juga: Presiden Jokowi minta dunia usaha bantu perbanyak lapangan kerja

Baca juga: Sandiaga ajak milenial ciptakan lapangan kerja di sektor parekraf

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar