Makassar (ANTARA) - ​​Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia mengatakan sekarang ini fokus menghadirkan kemudahan bagi pelaku usaha baru dalam industri kesehatan.

"Fokus sekarang adalah bagaimana untuk menghadirkan kemudahan bagi pelaku usaha baru dalam bidang industri kesehatan," kata Bahlil pada Puncak Dies Natalis Ke-38 Fakultas kedokteran Gigi (FKG) Unhas, secara virtual, Minggu.

Dalam penjelasannya, Bahlil menyampaikan pandemi yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi membuka mata kita khususnya dalam hal bahan baku farmasi dan alat kesehatan.

Di Indonesia, jika tidak terjadi pandemi maka tidak muncul kesadaran bahwa 90 persen bahan baku farmasi masih diimpor.

Begitupun dengan dengan alat kesehatan yang juga sebagian besar merupakan produk impor.

"BKPM sebagai lembaga negara selalu terbuka dan mendorong peningkatan industri salah satunya dalam pengelolaan produksi alat kesehatan," jelas Bahlil.

Dekan FKG Unhas drg Muhammad Ruslin MKes PhD menjelaskan dari tahun ketahun jumlah lulusan juga mengalami peningkatan. Sampai tahun ini, setidaknya ada 2.700 lebih alumni FKG Unhas.

"Pada masa pandemi, FKG berupaya terus mengembangkan diri. Ini terlihat dari inovasi dan peningkatan publikasi bereputasi internasional serta kerja sama berbagai mitra," ujarnya.

Di era pandemi, FKG kerja sama dengan FT menghasilkan inovasi E-Magic yang dapat dimanfaatkan dalam penanganan pasien serta peluncuran buku karya dosen," lanjut dia.

Baca juga: Investasi geser ke luar Jawa, Presiden sebut itu modal untuk bangkit

Baca juga: Bahlil ancam cabut insentif investor yang tidak realisasikan investasi

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021