Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung rencana Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) dalam mengembangkan pariwisata berbasis otomotif di Indonesia.

Salah satu program yang digagas PWOI adalah "Wonderful Ride Indonesia", sebuah gerakan untuk mendorong pemberdayaan wisata berbasis otomotif di Tanah Air.

Baca juga: Sandiaga Uno ungkap rencana buka wisata Bali via "Free COVID Corridor"

"Saya hari ini menerima Ketua Umum PWOI yang menggagas 'Wonderful Ride Indonesia'. Bagaimana wisata berbasis otomotif ini bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan pariwisata di Indonesia," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Sandiaga mendorong PWOI untuk berinovasi dan beradaptasi, termasuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini untuk dapat mendorong bangkitnya pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dilihat dari tren pariwisata ke depan, Sandiaga mengatakan bahwa para wisatawan akan lebih memilih wisata berkonsep personalized, localized, dan smaller in size, di mana wisata berbasis otomotif ini sangat sejalan dan juga memberikan alternatif pengalaman berwisata bagi wisatawan.

"Kita akan mendukung pengembangan pariwisata berbasis otomotif ini di Indonesia," kata Sandiaga.

Ketua Umum PWOI Rezza Artha menjelaskan, melalui gerakan ini pihaknya ingin masyarakat otomotif Indonesia berpartisipasi lebih jauh dengan dunia pariwisata. Dia melihat korelasi yang kuat antara dunia otomotif dengan pariwisata Indonesia, di mana pariwisata yang maju perlu didukung dengan masyarakat otomotif yang juga maju.

Secara umum, PWOI mengajak masyarakat lebih aktif berwisata menggunakan kendaraan miliknya baik sepeda motor, mobil ataupun jenis lainnya.

Menurut dia, pariwisata merupakan sektor yang dapat secara cepat digerakkan dalam rangka pemulihan ekonomi dibanding sektor-sektor lainnya.

"Kita melihat di beberapa lokasi akan kesuksesan event-event otomotif, bagaimana mereka dapat sampai meningkatkan okupansi hotel, rumah makan, dan sebagainya. Itu yang mau kita dukung ke depan bagaimana penggemar otomotif Indonesia semakin berkontribusi positif terhadap perekonomian terutama di bidang pariwisata," kata Rezza.

Dalam kesempatan itu, PWOI juga mengampanyekan penggunaan sepeda motor listrik "Gesits" di destinasi sehingga wisatawan dapat berwisata dengan berkendara secara aman, tertib, sehat, dan menyenangkan.

Menparekraf Sandiaga Uno pun mendukung kampanye penggunaan sepeda motor listrik ini di destinasi pariwisata Indonesia.

"Kita dukung motor listrik dan penggunaannya nanti tidak hanya di lima destinasi super prioritas tapi juga destinasi-destinasi lainnya," kata Sandiaga.

Pertemuan tersebut turut dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Neil El Himam, serta Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi dan Kreativitas Josua Simanjuntak.


Baca juga: Menparekraf dorong subsektor ekonomi kreatif dapat prioritas vaksinasi

Baca juga: Menparekraf Sandiaga optimis vaksinasi bangkitkan pariwisata RI 2021

Baca juga: Sandiaga Uno ungkap rencana buka wisata Bali via "Free COVID Corridor"
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021