Kartu e-Money co branding ini juga dapat digunakan sebagai kartu antarmoda sekaligus alat pembayaran transportasi, tol, retail store dan sebagainya
Jakarta (ANTARA) - Bank Mandiri dan PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) meluncurkan kartu E-Money Co-Branding Commuterpay edisi Yogyakarta-Solo untuk meningkatkan transaksi non tunai dalam rangka meminimalisasi penularan COVID-19.

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto menyatakan melalui kartu ini maka transaksi pembayaran pada gate stasiun di sepanjang wilayah Yogya-Solo dapat dilakukan secara non tunai.

“Kartu e-Money co branding ini juga dapat digunakan sebagai kartu antarmoda sekaligus alat pembayaran transportasi, tol, retail store dan sebagainya,” katanya di Jakarta, Selasa.

Aquarius mengatakan kerjasama ini sejalan dengan program Mandiri Digital perseroan untuk mendukung keinginan Bank Mandiri menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah melalui produk keuangan yang simpel dan handal.

“Harapan kami tentu agar inisiatif ini dapat diterima dan dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat pengguna kereta khususnya di wilayah sepanjang Yogya-Solo," ujarnya.

Ia menyatakan pihaknya memberikan potongan harga 25 persen bagi 1.000 pembeli kartu e-Money Commuterpay pertama yang bisa di dapatkan di 11 loket Stasiun Wilayah Yogya-Solo.

Stasiun tersebut yaitu Stasiun Solo Balapan, Purwosari, Gawok, Delanggu, Ceper, Klaten, Srowot, Brambanan, Maguwo, Lempuyangan dan Stasiun Yogyakarta (Tugu). Adapun, promo ini berlaku mulai 9 Maret 2021.

Ia melanjutkan pihaknya juga telah menempatkan vending machine di lima stasiun Wilayah Yogya Solo, yaitu Stasiun Solo Balapan, Yogyakarta (Tugu), Purwosari, Klaten dan Lempuyangan.

Vending machine tersebut disediakan dalam rangka mempermudah pelanggan KRL di Wilayah Yogya-Solo untuk mendapatkan Kartu e-Money Commuterpay dan melakukan top up saldo.

"Pengguna KRL juga dapat melakukan pembelian dan top up saldo e-Money Commuterpay melalui aplikasi Mandiri Online yang memiliki fitur NFC maupun mitra e-Commerce yang bekerjasama dengan Bank Mandiri," jelasnya.

Bank Mandiri sendiri per Desember 2020 telah menerbitkan 22,8 juta kartu dengan frekuensi transaksi 867 juta transaksi senilai Rp14 triliun dengan pangsa pasar Mandiri e-Money berada di kisaran 70 persen dari total industri uang elektronik.

Sementara itu, Direktur Utama KAI Commuter Wiwik Widayanti mengatakan hadirnya Commuterpay diharapkan semakin memudahkan para pengguna yang hendak naik KRL Yogya-Solo.

"Dengan hadirnya Commuterpay edisi Yogyakarta dan Solo kami yakin dapat menarik minat masyarakat untuk memiliki kartu ini,” ujarnya.

Wiwik mengingatkan dalam menggunakan kartu uang elektronik untuk naik KRL Yogya-Solo harus terdapat saldo minimal Rp8.000 yakni sesuai tarif satu kali perjalanan KRL Yogya-Solo.

Baca juga: Bank Mandiri-KAI terbitkan Kartu Commuter Pay, ada edisi HUT RI ke-75
Baca juga: KRL Yogyakarta -- Solo mulai beroperasi penuh 10 Februari 2021
Baca juga: Investasi elektrifikasi KRL Yogyakarta-Solo capai Rp1,2 triliun

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021