Jakarta (ANTARA) - Album "Map of the Soul:7" membawa grup idola BTS jadi pemenang pertama perdana dalam penghargaan dari The International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) untuk kategori baru yaitu "Global Album All Format Chart".

IFPI merupakan organisasi yang mewakili industri musik rekaman di seluruh dunia.

Baca juga: BTS donasikan kostum video klip "Life Goes On" di pekan amal Grammy

"Kami perkenalkan kategori "Global Album All Format Chart" untuk mencerminkan format album yang berkembang. Di samping itu kategori ini juga bertujuan untuk mengenalkan cara berbagai musisi membagikan proyek album mereka dalam berbagai cara kepada penggemarnya tentunya dalam banyak format," ujar Kepala Eksekutif IFPI Frances Moore seperti yang dilansir dari Variety, Kamis.

Kategori terbaru dalam penghargaan IFPI itu dinilai berdasarkan penjualan fisik, unduhan digital, dan pemutaran lagu di berbagai platform daring.

Terkait kemenangan BTS, setelah album dirilis pada Februari 2020 diketahui album keempat milik grup bintang K-pop itu merajai tangga lagu tidak hanya di Korea tapi juga di lima pasar musik terbesar seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman, dan Prancis.

Bahkan di Korea Selatan, BTS memecahkan rekor penjualan album sepanjang masa berkat "Map of the Soul:7".

Baca juga: BTS akan tampil di panggung Grammy Awards 2021

"Ini adalah suatu kebanggaan untuk memberikan BTS penghargaan kedua mereka dalam penghargaan Global IFPI. Ini mengikuti kesuksesan mereka sebagai "Global Recording Artist of the Year". "MAP OF THR SOUL:7" berhasil memecahkan rekor baik secara internasional maupun di Korea dan merupakan hasil karya luar biasa dari grup yang terus menyenangkan pecinta musik secara global," kata Moore.

BTS juga selain menduduki peringkat pertama, juga menduduki peringkat keempat dalam tangga album paling sukses dalam berbagai format yang dibuat oleh IFPI dengan album "BE (Deluxe Edition)" .

Dalam kategori "Global Album All Format Chart", BTS bersanding dengan Taylor Swift dengan "Folklore", Billie Eilish dengan "WHEN WE ALL FALL ASLEEP, WHERE DO WE GO?", hingga The Weeknd "After Hours".

Berikut 10 daftar album yang masuk dalam kategori "Global Album All Format Chart" IFPI 2020:

1. BTS’s “Map of the Soul: 7”
2. The Weeknd’s “After Hours”
3. Billie Eilish’s “When We All Fall Asleep, Where Do We Go?”
4. BTS’s “BE (Deluxe Edition)”
5. Harry Styles’s “Fine Line”
6. Post Malone’s “Hollywood’s Bleeding”
7. Kenshi Yonezu’s “Stray Sheep”
8. Justin Bieber’s “Changes”
9. Taylor Swift’s “Folklore”
10. Dua Lipa’s “Future Nostalgia”

Baca juga: Tentang Grammy Awards 2021 yang perlu Anda tahu

Baca juga: BTS gabung di jajaran penampil Music On A Mission Grammy Week

Baca juga: Agensi BTS dan Universal Music akan bentuk grup K-pop baru

 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021