Menteri PUPR resmikan Tol Layang Pettarani

id Persemian Jalan Tol Layang Makassar, Tol Layang AP Pettarani,Menteri PUPR

Menteri PUPR resmikan Tol Layang Pettarani

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menandatangani prasasti dalam rangka meresmikan Jalan Tol Layang AP Pettarani Makassar, Kamis (18/03/2021). ANTARA/HO-Humas Pemkot Makassar/aa.

Makassar (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia Basuki Hadimuljono meresmikan Jalan Tol Layang AP Pettarani Makassar ditandai penandatanganan prasasti di Makassar, Kamis.

Menteri PUPR hadir mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sebelumnya telah dijadwalkan untuk meresmikan langsung penggunaan Jalan Tol Layang pada kunjungan kerjanya yang juga berlangsung hari ini, Kamis di Sulawesi Selatan.

"Mohon maaf atas keterlambatan peresmian ini, karena memang sudah lama direncanakan oleh beliau (Presiden Jokowi) untuk diresmikan, namun pada saat ini kami mewakili beliau," kata Basuki.

Pada kunjungan kerja Presiden Jokowi, ia telah meresmikan Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja sekaligus menyaksikan proses vaksinasi pada Kamis pagi. Selanjutnya, kembali ke Makassar untuk mengunjungi pelaksanaan Festival Vaksinasi Kota Makassar dan meresmikan Kolam Regulasi Nipa-nipa di Kabupaten Gowa.

Baca juga: Dukung PEN, Menteri PUPR usulkan tambahan anggaran Rp2,5 triliun

"Nanti Presiden akan lewat sini mengecek, setelah dari Nipa-nipa, karena kalau mau ke bandara lewat sini," tambah dia.

Peresmian ini menandakan Jalan Tol Layang Kota Makassar telah dapat dioperasikan dan dimanfaatkan secara penuh, khususnya pada berbagai kegiatan produktif masyarakat.

"Ini sudah bisa digunakan, lagian juga sudah lama jadi tidak ada sosialisasi lagi, mungkin biasanya satu minggu masih gratis, lalu bisa langsung dioperasikan," lanjut Basuki.

Tol Layang sepanjang 4,3 KM tersebut  akan menjadi ikon baru bagi Kota Makassar karena menjadi pertama di kawasan Indonesia Timur. Pada pembangunannya, pemerintah menggelontorkan anggaran dengan nilai investasi sebesar Rp2,316 triliun.

Terkait investasi, Basuki mengemukakan  pemerintah khususnya Presiden Jokowi dalam pembangunan infrastruktur dan finansial yang menguntungkan, diutamakan untuk swasta.

Pembangunan Jalan Tol Layang merupakan salah satu contoh konstribusi pihak swasta dalam pembangunan infrastruktu nasional.

PT Marga Utama Nusantara melalui anak usahanya PT Makassar Metro Network (MMN) bersama pemerintah daerah dan didukung pemerintah pusat menginisiasi pembangunan ini guna mendukung sistem perekonomian dan mobilitas daerah tersebut sekaligus sebagai fasilitas pendukung kemajuan Kota Makassar dan sekitarnya.

Baca juga: Menteri PUPR paparkan fokus pembangunan infrastruktur tahun 2022

"Terimakasih kepada wali kota, Nusantara Infrastruktur, dan masyarakat yang harus melewati jalur tol dan telah bekerjasama menyelesaikan tol ini. Karena saat pembangunan pasti ada penderitaan, mulai debu, macet dan sekarang sudah jadi pasti kenikmatan," urainya.

Tol Layang diharapkan dapat menjadi salah sayu solusi mengurai kemacetan lalulintas yang selkama ini terjadi jalan arteri sekitar kawasan Panakukang dan Rappocini.
Jalan Tol Layang AP Pettarani Makassar yang secara resmi dioperasikan hari ini, Kamis (18/03/2021). ANTARA Foto/Nur Suhrq Wardyah

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar