Jakarta (ANTARA) - Layanan streaming Mola TV menayangkan secara eksklusif film "Percy", yang diadaptasi dari kisah nyata. Dibintangi aktor peraih Oscar Christopher Walken, film ini mengangkat kisah nyata kasus seorang petani Kanada bernama Percy Schmeiser yang berseteru dengan Monsanto, perusahaan agribisnis raksasa dunia di pengadilan pada 1998.

"Menonton film 'Percy' ini membangkitkan optimisme penonton bahwa sesuatu yang diyakini benar harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh. Kami akan terus melakukan kurasi film-film terbaik dunia dari berbagai genre dan menambah koleksi film kami," kata perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso, melalui keterangannya, Sabtu.

Kasus antara petani dan perusahaan ini menarik perhatian dunia karena pertarungan yang dianggap tak seimbang. Percy Schmeiser, petani kanola yang sederhana dari wilayah Bruno, Saskathewan dan berusia 70 tahun melawan konglomerasi dunia Monsanto, perusahaan produsen produk pangan GMO (Genetically Modified Organism) yang menguasai hampir seluruh industri pangan dunia.

Kasus Percy Schmeiser (Walken) sendiri bermula dari surat somasi yang dilayangkan Monsanto kepada Percy karena menemukan bukti ada kandungan genetik pada hasil panen Percy dan patennya hanya dimiliki oleh Monsanto.

Singkatnya, Percy dianggap melanggar hukum. Padahal Percy hanya bertani dengan cara menyimpan bibit sendiri seperti yang diajarkan keluarga dan dilanjutkan dari generasi ke generasi berikutnya. Percy tak mau diam, ia memutuskan melawan dan menyewa pengacara Jackson Weaver (Zach Braff).

Kasus ini lantas mendapat perhatian dari aktivis lingkungan Rebecca Salcau (Christina Ricci) yang lalu membantu Percy untuk terus berjuang hingga naik banding ke Mahkamah Agung. Percy mendapatkan banyak dukungan dari seluruh dunia. Ia bahkan diundang ke India untuk berbicara di sebuah konferensi pangan.

Penayangan film "Percy" ini juga menjadi sebuah penghormatan bagi Percy Schmeiser yang baru saja meninggal dunia di usianya ke-89 tahun pada Oktober 2020 lalu.

"Film 'Percy' hanyalah salah satu koleksi film bergenre drama terbaik dari ribuan koleksi film yang dimiliki Mola TV. Beberapa film berkualitas lainnya yang hadir di platform Mola TV dan bisa dinikmati mulai bulan ini antara lain, serial 'Bad Samaritans', dan 'Extortion' serta film 'The Vanishing'," kata Mirwan.


Baca juga: Weird Genius tak menyangka lagu "Lathi" jadi viral

Baca juga: Sineas Oliver Stone akan bincang soal sinema di Mola TV

Baca juga: "Mary Kills People" jadi serial terfavorit di Mola TV

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021