Seluruh calon mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN tersebut tersebar di 20 fakultas dan sekolah yang ada di ITB
Bandung (ANTARA) - Sebanyak 1.630 calon mahasiswa dinyatakan lolos masuk Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2021.

“Selamat bagi calon mahasiswa SNMPTN yang telah diterima,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof Jaka Sembiring, di Bandung, Senin.

Ia menjelaskan dari jumlah tersebut, fakultas/sekolah yang menerima calon mahasiswa terbanyak adalah di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) sebanyak 195 orang, selanjutnya di FMIPA, 166 orang, dan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) Kampus Ganesha, 129 orang, serta FTTM Kampus Cirebon, 43 orang.

Seluruh calon mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN tersebut, menurut dia, tersebar di 20 fakultas dan sekolah yang ada di ITB.

Selain itu, sebaran daerah asal calon mahasiswa yang diterima di jalur SNMPTN ITB 2021 paling banyak berasal dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Ia menjelaskan daftar lengkap mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN bisa dilihat di laman https://snmptn.itb.ac.id. Khusus jalur peminatan, pengumuman dapat dilihat pada laman https://minat.itb.ac.id.

Pada 2021 ini, sebanyak 10.637 peserta telah mendaftar ke ITB melalui jalur SNMPTN. Dari jumlah tersebut, sebanyak 984 pendaftar mendaftar dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah, dan hanya 142 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur KIP-Kuliah tersebut.

“Dalam melakukan seleksi penerimaan, kami selalu mengedepankan kualitas akademik calon mahasiswa,” katanya.

Terkait dengan keringanan dalam pembiayaan, ia menjelaskan bahwa ITB memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu untuk mengajukan beasiswa uang kuliah tunggal (UKT).

“ITB akan memenuhi kuota mahasiswa yang mendapatkan pembebasan UKT sebesar 20 persen di akhir masa penerimaan mahasiswa sarjana,” katanya menegaskan.

Ia menambahkan selain melalui jalur SNMPTN, ITB juga membuka jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Sementara bagi calon mahasiswa yang menginginkan pengalaman internasional dapat memilih jalur kelas internasional.

Dalam proses penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN tahun, ITB selalu berusaha untuk merekrut mahasiswa dari seluruh provinsi di Indonesia melalui berbagai skema yang ada.

Pendekatan khusus terhadap pengembangan kewilayahan dan sumber daya manusia di kawasan tertentu, juga telah dilakukan antara lain dengan mengembangkan multi kampus, seperti ITB Kampus Cirebon, yang dimaksudkan memberikan perhatian khusus kepada siswa dari wilayah Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, dan sekitarnya, demikian Jaka Sembiring.

Baca juga: 1.470 peserta SNMPTN 2020 diterima di ITB

Baca juga: ITB buka 3 jalur penerimaan mahasiswa baru

Baca juga: 2.742 mahasiswa ITB peroleh keringanan Uang Kuliah Tunggal

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021