Ternate (ANTARA) - Kapolda Maluku Utara (Malut) Irjen Pol Risyapudin Nursin menerjunkan ratusan personel Polri dalam rangka pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan ke Maluku Utara pada Rabu 24 Maret 2021.

"Tercatat, Polda Malut telah mempersiapkan 452 Personel dalam pengamanan kunjungan Presiden RI di Malut, dengan rincian 266 Personel BKO Polda Malut yang terdiri dari Komando 10 Personel, Dit Intelkam 14 Personel, Dit Binmas 5 Personel, Dit Pamobvit 10 Personel, Dit lantas 14 Personel, Dit Samapta 79 Personel, Dit Reskrimum 3 Personel, Dit Resnarkoba 2 Personel, Sat Brimob 111 Personel, Bidhumas 4 Personel, Bid Propam 5 Personel dan 186 Personel Polres Halmahera Utara," kata Kabidhumas Polda Maluku Utara Kombes Pol Adip Rojikan di Ternate, Selasa.

Dia menjelaskan Polda Malut dan jajaran-nya siap mengamankan kunjungan kerja Presiden RI di Provinsi Malut.

"Kami sudah siapkan personel, sarana dan prasarana dalam pengamanan RI 1, tentunya dengan bekerja sama dengan unsur TNI dan Paspampres yang ada," tutur-nya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Jombang serentak disaksikan Presiden Jokowi

Baca juga: Presiden saksikan vaksinasi di Jombang berjalan baik


Kabidhumas menyebut bahwa personel Polda Malut dan Polres Halmahera Utara yang sudah disiapkan akan ditempatkan di pos-pos pengamanan, pengamanan jalur dan lokasi yang telah ditentukan .

"Kita sudah siapkan 'ploting' Personel Pengamanan bersama-sama dengan TNI dan 'stakeholder' (pemangku kepentingan , sesuai hasil koordinasi dengan Tim Advance maupun Paspampers di antaranya Pos Pengamanan yang sudah ditetapkan serta Pam Jalur yang akan dilewati Presiden RI," ujarnya.

Lebih lanjut Kabidhumas menjelaskan, sesuai agenda Presiden akan meresmikan Bandar Udara Kuabang Kao dan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Malut.

Dalam kegiatan ini Polda Maluku Utara juga sudah menyiapkan tim sterilisasi guna memastikan keamanan dan keselamatan Presiden yang terdiri dari K-9 Dit Samapta Polda Maluku Utara, Unit Jibom Sat Brimob Polda Malut dan DVI Biddokkes Polda Maluku Utara, serta juga megerahkan Unit AWC, APC, Raisa (Pengurai Masa), Peleton PHH, Peleton Rainmas, Unit Barakuda/Body System dan Unit Scendoor dari Dit Pamobvit Polda Malut guna memeriksa setiap orang yang masuk ke area kegiatan.

"Kepada seluruh personel Polri yang ditugaskan dalam pengamanan Presiden RI dalam rangka kunjungan kerja di Malut agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, dan kepada masyarakat agar berperan aktif dalam menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif," katanya.

Mengingat situasi pandemik COVID-19, diimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan terlebih saat kunjungan kerja Presiden RI di Kabupaten Halmahera Utara.

Baca juga: Presiden Jokowi: SPAM Umbulan harus masuk ke rumah masyarakat

Baca juga: Presiden: Jawa Timur siap gunakan vaksin AstraZeneca

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021