Jakarta (ANTARA) - Portugal menang tipis 1-0 saat bertemu Azerbaijan dalam laga perdana Grup A kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar di Allianz Stadium, Turin, Italia pada Kamis dini hari WIB, demikian laman resmi FIFA.

Portugal di atas kertas seharusnya bisa mendapatkan kemenangan mudah, mengingat materi pemain mereka jauh lebih unggul. Tapi, Azerbaijan membuktikan bahwa mereka cukup mampu membendung serangan dari Cristiano Ronaldo dkk.

Baca juga: Hasil pertandingan perdana kualifikasi Piala Dunia zona Eropa

Portugal tampil mendominasi pertandingan, mereka mencatatkan 25 tembakan dengan 11 di antaranya menemui sasaran, dan mencatatkan penguasaan bola hingga 67 persen.

Gol baru muncul pada menit ke-37 berkat gol bunuh diri Maksim Medvedev. Sahruddin Mahammadaliyev berupaya menghalau bola yang masuk ke kotak penalti, tetapi halauannya justru mengenai tubuh Medvedev hingga membuat bola masuk ke gawang sendiri. Skor 1-0 untuk Portugal.

Gol tersebut memicu semangat Portugal untuk memperlebar jarak skor. Namun, kedudukan tidak berubah hingga wasit mengakhiri jalannya babak pertama.

Baca juga: Prancis awali kualifikasi Piala Dunia 2022 ditahan imbang Ukraina

Jalannya babak kedua juga tidak banyak berubah. Portugal tetap kesulitan untuk membongkar lini pertahanan Azerbaijan yang sangat ketat.

Pada menit ke-69, Ronaldo mendapatkan peluang emas saat Ia menerima umpan dari sepak pojok dan langsung disambar dengan sepakan voli. Namun, bola bisa dihentikan dengan baik oleh Mahammadaliyev.

Mahammadaliyev benar-benar membuat para pemain Portugal frustrasi setelah kembali membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-78. Bermula dari umpan terobosan Ronaldo, Bruno Fernandes mencoba memanfaatkannya dengan melepaskan tembakan. Sayangnya, bola masih bisa dihalau kiper berumur 26 tahun tersebut.

Mahammadaliyev kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan menghentikan tendangan bebas Ronaldo pada menit ke-85.

Portugal akhirnya harus menerima kemenangan dengan skor tipis 1-0, meski mereka mendominasi sepanjang pertandingan ini.

Susunan Pemain
Portugal 4-4-2: Anthony Lopes; Joao Cancelo, Ruben Dias, Domingos Duarte, Nuno Mendes; Bernardo Silva (Sergio Oliveira 88'), Joao Moutinho (Bruno Fernandes 46'), Ruben Neves (Joao Palhinha 88'), Pedro Neto (Rafa Silva 63'); Andre Silva (Joao Felix 75'), Cristiano Ronaldo

Azerbaijan 4-4-2: Sahruddin Mahammadaliyev; Maksim Medvedev, Elvin Badalov, Badavi Huseynov, Anton Krivotsyuk; Abbas Huseynov (Anatoliy Nuriyev 46'), Emin Mahmudov (Aleksey Isaev 85'), Vuqar Mustafayev (Ismayil Ibrahimli 46'), Azer Salahli; Mahir Emreli (Namiq Alasgarov 85'), Ali Ghorbani (Ramil Seydayev 85').

Baca juga: Belanda takluk 2-4 di kandang Turki
Baca juga: Ibrahimovic menangis saat kembali gabung timnas Swedia

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021