Dirjen BC pimpin pemusnahan 25,6 juta batang rokok ilegal di Semarang

id Pemusnahan rokok, dirjen bea cukai

Dirjen BC pimpin pemusnahan 25,6 juta batang rokok ilegal di Semarang

Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani memimpin pemusnahan 25,6 juta batang rokok ilegal hasil penindakan di wilayah Jawa Tengah selama kurun waktu 2020 di Semarang, Kamis. ANTARA/ I.C.Senjaya.

Semarang (ANTARA) - Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani memimpin pemusnahan 25,6 juta batang rokok ilegal hasil penindakan di wilayah Jawa Tengah selama kurun waktu 2020.

Pemusnahan rokok tanpa pita cukai yang dilakukan dengan cara dibakar di halaman Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Semarang, Kamis, merupakan hasil penindakan yang dilakukan di empat kantor kepabean di wilayah kerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai wilayah Jawa Tengah-DIY.

Keempat kantor kepabean tersebut meliputi KPPBC Semarang, Kudus, Tegal dan Magelang.

Menurut Askolani penindakan terhadap peredaran rokok ilegal ini merupakan langkah antisipasi bea cukai bersama aparat penegak hukum lainnya.

Baca juga: KPPBC Kudus musnahkan 14 ton rokok ilegal

Baca juga: Bea Cukai Juanda musnahkan 1,2 juta batang rokok ilegal


"Kami mendeteksi dari segala aspek. Kita punya peraturan tentang mana yang dibolehkan dan mana yang tidak dibolehkan," ujarnya.

Ia menuturkan upaya penegakan hukum akan terus dilakukan sambil menyosialisasikan aturan tentang barang ilegal menjadi legal dalam kegiatan ekonomi di Indonesia.

Adapun nilai ekonomi jutaan rokok ilegal yang dimusnahkan dalam kegiatan kali ini mencapai Rp21,85 miliar.

Sementara potensi keuangan negara yang berhasil diselamatkan terhadap pencegahan peredaran produk ilegal tersebut mencapai Rp11,66 miliar.

Baca juga: Bea Cukai Sidoarjo musnahkan 6,9 juta batang rokok ilegal

Baca juga: Bea Cukai Probolinggo musnahkan satu juta batang rokok ilegal

Pewarta : Immanuel Citra Senjaya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar