Vaksin AstraZeneca ini diperuntukkan bagi TNI-Polri yang merupakan salah satu garda terdepan layanan publik
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jambi pada Jumat ini menerima distribusi vaksin AstraZeneca sebanyak 250 vial untuk vaksinasi COVID-19 bagi anggota TNI-Polri di daerah itu.

"Vaksin AstraZeneca ini diperuntukan bagi TNI-Polri di Jambi yang merupakan salah satu garda terdepan dalam memberikan layanan publik," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Reflizar di Jambi, Jumat.

Vaksin AstraZeneca tersebut tiba di gudang vaksin Pemerintah Provinsi Jambi pada pukul 10.00 WIB, di mana 250 vial vaksin AstraZeneca tersebut merupakan multidosis sehingga satu vial dapat digunakan untuk vaksinasi hingga sepuluh orang.

Baca juga: Jambi terima 11.570 vial vaksin COVID-19 untuk vaksinasi tahap II

Vaksin AstraZeneca untuk vaksinasi COVID-19 tersebut merupakan distribusi yang pertama. Sebelumnya Pemerintah Provinsi Jambi menerima distribusi vaksin Sinovac untuk vaksinasi COVID-19 tahap II di daerah itu.

"Untuk vaksinasi tahap II sebelumnya kita menerima vaksin Sinovac dosis tunggal dan multidosis," kata Reflizar.

Hingga saat ini Pemerintah Provinsi Jambi telah menerima distribusi vaksin untuk vaksinasi tahap II sebanyak 18.890 vial vaksin COVID-19. Vaksin tersebut terdiri dari 18.640 vial vaksin Sinovac dan 250 vial vaksin AstraZeneca.

Baca juga: Cakupan vaksinasi COVID-19 tahap I di Jambi 94,46 persen

Baca juga: 120 faskes di Jambi terintegrasi dengan P-Care VaksinasiCOVID-19


Distribusi vaksin yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Jambi tersebut secara bertahap akan dikirim ke sebelas kabupaten dan kota di daerah itu. Dimana sebelumnya telah didistribusikan vaksin COVID-19 ke Kabupaten Muaro Jambi, Sarolangun, Batanghari dan Kota Jambi.

Vaksin-vaksin tersebut akan didistribusikan ke kabupaten dan kota di daerah itu dengan memperhatikan kesiapan pemerintah daerah melakukan vaksinasi tahap II yang diperuntukkan bagi tenaga pelayanan publik.

Sementara itu, realisasi vaksinasi tahap pertama di daerah itu saat ini sudah mencapai 99,89 persen. Diharapkan vaksinasi tahap II di daerah itu dapat berjalan lancar dan seluruh sasaran vaksinasi tahap II dapat menerima vaksin tanpa kendala.

Baca juga: Polda Jambi kawal pendistribusian vaksin COVID-19

Baca juga: Jambi distribusikan vaksin COVID-19 tahap II untuk dua kabupaten

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021