Usai mangsa anak lembu, ular piton tujuh meter dievakuasi ke hutan

id Aceh ,Ular ,Piton,hutan,evakuasi,BPBD,BKSDA,reptil

Usai mangsa anak lembu, ular piton tujuh meter dievakuasi ke hutan

Petugas BPBD Aceh Besar saat mengevakuasi ular piton temuan warga berukuran tujuh meter ke hutan, Aceh Besar, Senin (29/3/2021). ANTARA/HO-Dok.BPBD Aceh Besar.

Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar mengevakuasi ular piton berukuran tujuh meter ke hutan setempat yang ditemukan warga usai menelan anak lembu.

Kepala BPBD Aceh Besar Farhan AP di Aceh Besar, Senin, mengatakan, ular piton tujuh meter tersebut pertama sekali diketahui warga Desa Krung Kala Kecamatan Lhoong Aceh Besar tepatnya di irigasi setempat.

"Saat dilakukan evakuasi, ternyata ular piton tersebut telah menelan seekor anak lembu milik warga sekitar," kata Farhan AP.

Baca juga: Gulkarmat Jakarta Selatan evakuasi ular sanca dari motor warga

Farhan menyampaikan, evakuasi ular itu dilakukan oleh seorang petugas BPBD yang memahami teknik menjinakkan binatang reptil berbahaya tersebut, dan didampingi delapan personel lainnya.

"Petugas langsung mengamati posisi ular dan melakukan penangkapan, ular piton dievakuasi dengan mobil rescue BPBD," ujarnya.

Farhan menuturkan, ular piton tersebut kembali dilepasliarkan oleh petugas ke kawasan hutan yang ada di kawasan penemuan.

"Ular piton itu sudah dilepaskan oleh petugas ke alam habitatnya di wilayah Kecamatan Lhoong," kata Farhan AP.

Baca juga: Damkar Jakarta Timur evakuasi ular sanca sepanjang empat meter
Baca juga: Seekor ular piton usai mangsa kambing ditangkap warga Pasaman Barat
Baca juga: Ular sepanjang 2 meter mati terpanggang akibat karhutla di Siak

Pewarta : Rahmat Fajri
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar