UI-PT Dow Indonesia berikan penghargaan Champion Plaswas

id ui,universitas indonesia ,pt dow,pengolahan sampah

UI-PT Dow Indonesia berikan penghargaan Champion Plaswas

Buku Saku Pengelolaan Sampah Plastik UI-DOW. (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dan PT Dow Indonesia mengumumkan para pemenang dari rangkaian lomba yang telah dilakukan sebelumnya, serta memberikan penghargaan Champion Plaswas bagi internal UI yang dinilai telah memberikan komitmennya bagi pengolahan sampah plastik di UI.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya, Rabu, mengatakan jajaran pimpinan, sivitas akademik UI, dan seluruh lapisan masyarakat dapat berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan sampah plastik dan mengedepankan pelestarian lingkungan hidup.

Hal ini menjadi kesempatan UI untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran UI dan masyarakat untuk bijak menggunakan plastik.

Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan PT Dow Chemical Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, serta Pemerintah Kota Depok, menggelar acara puncak dari serangkaian kegiatan edukasi pengolahan sampah plastik yang telah dilakukan selama Januari-Maret 2021 di lingkungan UI.

Baca juga: Kemristek dukung UI dan Merck kolaborasi lab untuk riset berkualitas

Baca juga: UI lakukan penanaman bakau untuk konservasi Lutung Jawa di Bekasi


Penghargaan bagi internal UI diberikan dalam kategori Champion Plaswas, yaitu penghargaan yang diberikan bagi fakultas yang dianggap mengedepankan kreativitas dan komitmen dalam melakukan kegiatan manajemen sampah plastik. Penghargaan ini diberikan dalam tiga kategori, yaitu Silver, Gold, dan Platinum.

Dalam acara puncak yang dilaksanakan secara daring, Rabu (31/3), UI dan Dow mengumumkan para pemenang dari rangkaian lomba yang telah dilakukan sebelumnya, serta memberikan penghargaan bagi internal UI yang dinilai telah memberikan komitmennya bagi pengolahan sampah plastik di UI.

Sementara itu Ketua Pelaksana Prof. Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D mengatakan bahwa terkait pandemi, kegiatan ini mengalami perubahan konsep dari bentuk luring, menjadi daring.

"Rangkaian kegiatan edukasi ini diadakan dalam empat bentuk, yaitu webinar manajemen plastik, community project, lomba 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Replace), dan Champion Plaswas. Khusus untuk Champion Plaswas, penghargaan akan diberikan dalam tiga kategori bagi pihak-pihak internal UI yang dianggap menjalankan kegiatan manajemen sampah dengan baik," jelasnya.

Direktur Kerja Sama UI Dr. Toto Pranoto mengatakan bahwa UI berkomitmen penuh dalam menjaga dan mendukung kelestarian lingkungan hidup melalui berbagai upaya, diantaranya adalah pemilahan sampah dan pengurangan sampah plastik di berbagai fakultas di UI, kerja sama dengan Bank Sampah Pemerintah Kota Depok, serta kerja sama dengan pihak industri dalam melakukan pemanfaatan sampah plastik multi layer dan single layer sebagai bahan baku pembuatan aspal.

Business Development PT Dow Indonesia, Donny C Ariefianto mengatakan bahwa kerja sama UI dengan PT Dow adalah salah satu bentuk kerja sama circular economy initiative, yakni sebuah pola ekonomi yang berusaha mendayagunakan limbah industri menjadi produk tepat guna.

"Kami melihat bahwa kerja sama ini merupakan langkah awal yang baik dalam menggerakkan ekonomi sirkular untuk Indonesia yang lebih baik. Kami melihat bahwa plastik bukanlah masalah utama, tapi yang menjadi masalah utamanya adalah perilaku dan infrastruktur dari pengelola sampah itu sendiri," ujar Donny.*

Baca juga: SIL UI kembangkan aplikasi "Lapor Banjir Depok"

Baca juga: LTMPT tambah kuota di sejumlah Pusat UTBK

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar