TREASURE ungkap tantangan di balik pembuatan album debut Jepang

id TREASURE,album jepang TREASURE,The First Step: Treasure Effect

TREASURE ungkap tantangan di balik pembuatan album debut Jepang

Grup idola K-pop TREASURE (twitter.com/ygtreasuremaker)

Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop TREASURE akhirnya resmi meluncurkan album debut Jepang mereka berjudul "The First Step: Treasure Effect" pada Rabu (31/3).

"Album debut kami akhirnya dirilis. Debut kami di Jepang akhirnya terjadi, aku sangat bersemangat. Kami berharap bisa menghadirkan berbagai hal," kata Mashiho dan Asahi dalam video berdurasi 28:37 menit yang diunggah di YouTube TREASURE.

Mashiho mengatakan, album ini mengusung konsep semua orang di dunia ini adalah harta karun dan perhiasan berharga yang bersinar, sekaligus menunjukkan langkah pertama 12 personel.

Dia dan grupnya ingin membawa pesan yang dipenuhi kebahagiaan dan harapan melalui suara dan penampilan mereka.

Baca juga: TREASURE "comeback" dengan album penuh 11 Januari 2021

Baca juga: TREASURE rangkum lagu populer 2020 lewat video "Dance Challenge"


"The First Step: Treasure Effect" terdiri dari 11 lagu mencakup sejumlah lagu yang sebelumnya hadir dalam bahasa Korea antara lain: yakni "Slowmotion", "My Treasure", "Beautiful" yang menjadi lagu tema anime Jepang "Black Clover".

Kemudian, "MMM", "Be With Me", "Boy" yang menjadi lagu debut grup di dunia K-pop, "Come to Me", "I Love You", "B.L.T", "Orange" dengan lirik bagian akhir yang berbeda dengan versi Bahasa Korea dan "Going Crazy".

Pemimpin grup, Jihoon mengatakan TREASURE mempersiapkan album ini dengan pemikiran yang positif dan diliputi rasa bahagia. Walaupun begitu dia tak menampik ada kesulitan yang tim hadapi selama pembuatan album.

Doyoung misalnya, mengaku sempat kesulitan dalam pelafalan dan memasukkan emosi saat perekaman lagu "My Treasure". Masalah pelafalan juga dialami pemimpin Hyunsuk yang awalnya sulit menyebutkan kata "Zu" dan "Tsu" di lagu "Beautiful". Untuk mengatasi kesulitan itu, dia banyak berlatih dengan Yoshi.

Hal serupa pun dialami Jaehyuk dan Junkyu selama perekaman lagu "Come to Me". Mereka sulit mengucapkan kata yang lagi lagi "zo" dan "tsu".

"Menyenangkan tetapi sangat sulit," kata Jaehyuk.

Di sisi lain, Mashiho yang berasal dari Jepang sempat bingung pada lirik karena awalnya lagu-lagu dalam album direkam dalam bahasa Korea, namun kini juga dibuat versi bahasa Jepang.

"Lirik lagu awalnya dalam bahasa Korea, tetapi setelah lirik dalam bahasa Jepang dibuat, menjadi membingungkan," kata dia yang diamini Junkyu.

Selain perilisan album, TREASURE juga menghadirkan video musik lagu yang dibuat hanya dalam bahasa Jepang, "Beautiful". Dalam video penuh warna berdurasi 3:50 menit itu tampak para personel TREASURE meluapkan rasa bahagia mereka dengan berbagai cara.

Sebelumnya mereka juga menghadirkan video musik untuk lagu versi bahasa Jepang "I Love You", "MMM", "Boy" dan "My Treasure".
 


Sekilas tentang TREASURE

TREASURE beranggotakan 12 personel yakni 9 vokalis dan tiga rapper yang terbentuk dari kompetisi "YG Treasure Box" yang digelar agensi hiburan YG Entertainment pada tahun 2018.

Baca juga: BTS, TREASURE, GOT7 dan para pemenang Golden Disc Awards hari kedua

Dari 12 personel, empat orang di antaranya berasal dari Jepang yakni Asahi, Haruto, Yoshi dan Mashiho. Sementara delapan personel lainnya yakni Jaehyuk, Doyoung, Hyunsuk, Junkyu, Yedam, Jeongwoo, Jihoon dan Junghwan berasal dari Korea Selatan.

Cenderung berbeda dari kebanyakan grup idola, TREASURE memiliki dua pemimpin yaitu Hyunsuk dan Jihoon. Dalam sebuah kesempatan, Hyunsuk sempat mengibaratkan sebagai ibu dalam grupnya.

Mereka resmi debut di dunia musik K-pop pada 7 Agustus 2020 melalui single album "The First Step: Chapter One" dengan lagu utama "Boy" yang bernuansa electronic dance tentang laki-laki jatuh cinta. Bagian rap lagu ini diciptakan Hyunsuk, Yoshi dan Haruto.

Hyunsuk dalam sebuah wawancara mengatakan, berbeda dengan grup di agensi YG lainnya, TREASURE menawarkan elemen plus alpha pada gaya YG melalui sinergi pertunjukkan tari yang penuh irama.

Belum setahun debut, TREASURE mendulang berbagai prestasi salah satunya melalui single album debut mereka yang mencatatkan sebagai album terlaris oleh grup pendatang baru.
Grup idola K-pop TREASURE (twitter.com/ygtreasuremaker)


Lagu debut "Boy" bahkan menduduki peringkat pertama di tangga lagu iTunes 19 negara termasuk Indonesia. Video musik lagu ini melampaui 6 juta kali tayang di YouTube kurang dari 15 jam setelah dirilis.

TREASURE juga menyabet penghargaan di MAMA 2020 untuk kategori grup pendatang baru pria terbaik dan 10 teratas pilihan penggemar seluruh dunia.

Grup ini menjadi salah satu rookie atau pendatang baru yang belum pernah bertemu langsung dengan para penggemar mereka atau disebut Treasure Maker, membawakan lagu-lagu mereka karena pandemi COVID-19 sejak setahun terakhir.

Walau begitu, TREASURE tetap menghibur para penggemar mereka melalui konten-konten di YouTube dan V Live berisi kehidupan mereka di asrama, permainan yang dimainkan bersama-sama beserta misinya, cek fakta para personel hingga hasil tes kepribadian MBTI mereka.

Pekan ini, mereka bergabung dengan platform komunitas penggemar global Weverse yang dijalankan beNX, anak perusahaan HYBE (sebelumnya Big Hit Entertainment).

TREASURE menjadi artis YG Entertainment pertama yang bergabung untuk dapat berkomunikasi lebih dekat dengan penggemar mereka.

Mereka menambah daftar grup dan musikus Negeri Ginseng lainnya yang sudah tergabung sebelumnya dalam platform itu yakni BTS, TXT, GFRIEND, SEVENTEEN, NU'EST, ENHYPEN, CL, P1Harmony, Weeekly, Sunmi, Henry, Dreamcatcher dan MIRAE.

Baca juga: TREASURE siap hadirkan album debut jepang Maret 2021

Baca juga: TREASURE jual 1 juta album dalam 5 bulan sejak debut

Baca juga: TREASURE ungkap detail album "THE FIRST STEP: TREASURE EFFECT"

Pewarta : Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar