Padang, (ANTARA) - Semen Padang Football Club (SPFC) mengakhiri kerja sama dengan pelatih berkebangsaan Portugal Eduardo Almeida yang menangani tim tersebut sejak September 2019.

Manajer Semen Padang FC Effendi Syahputra dalam keterangan persnya di Padang, Kamis, mengatakan setelah dihentikannya Liga 2 musim 2020 yang hanya berjalan satu kali pertandingan, Eduardo terpaksa harus memantau tim SPFC yang kembali memulai latihan saat pandemi COVID-19 dari Portugal.

Ia mengatakan kontrak dengan pelatih Eduardo Almeida sebenarnya sudah berakhir pada akhir Desember 2020 namun karena masih menggantungnya rencana bergulirnya kembali Liga musim 2020 pada awal 2021, manajemen SPFC saat itu belum bisa memastikan status dari pelatih dan pemain yang ada.

“Karena ada rencana Liga mau dilanjutkan di awal tahun, jadi kita belum bisa untuk pembubaran tim yang sudah ada. Sesuai aturannya, pelatih dan pemain harus melanjutkan yang sudah terdaftar sebelumnya,” kata dia.

Baca juga: Semen Padang FC belum jalin komunikasi dengan pelatih Eduardo Almeida

Menurut dia, setelah adanya kepastian dari PSSI dan LIB untuk mengakhiri Liga musim 2020 maka status pemain dan pelatih yang masa kontraknya berakhir di akhir 2020 dan awal 2021 bersifat bebas ikatan dari klub.

Effendi mengatakan saat ini manajemen akan membentuk tim baru yang akan mengarungi musim 2021.

"Untuk kelanjutan dengan tim kita, itu tergantung negosiasi yang kita sepakati. Jika saat ini, Coach Edu sudah dapat tim baru berarti saat ini belum jodoh kita untuk bersama,” lanjutnya.

Selain Eduardo, pelatih fisik SPFC Rui Nunes yang juga berasal dari Portugal juga dipastikan tidak lagi menjadi bagian tim Kabau Sirah pada musim 2021.

Manajemen akan secepatnya menentukan susunan pelatih baru untuk dapat segera membentuk dan mempersiapkan tim SPFC.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Coach Edu dan Coach Rui atas kebersamaan selama ini, mungkin saat ini kita belum berjodoh. Semoga keduanya dapat terus sukses dalam kariernya. Kita tak bisa menebak, mana tau di lain kesempatan keduanya bisa kembali bersama Semen Padang FC,” kata dia.

Baca juga: Semen Padang FC persiapkan tim hadapi Liga 2 selepas Idul Fitri
Baca juga: Manajemen Semen Padang sesalkan Piala Menpora tak libatkan tim Liga 2

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021