Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah bentuk kader pengawasan partisipatif

id bawaslu bangka tengah

Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah bentuk kader pengawasan partisipatif

Bawaslu Bangka Tengah melakukan sosialisasi program "kulat pelawan" kepada kalangan pelajar, Kamis (1/4/2021) (ANTARA/ahmadi)

Koba, Babel, (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai membentuk kader pengawasan partisipatif dari kalangan pemula yang sasarannya para pelajar.

"Dari sekarang kami sudah mulai mempersiapkan kader pengawas pemula yang nanti bisa berpartisipasi aktif dalam mengawal pesta demokrasi pada 2024," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto, di Koba, Minggu.

Pihaknya membentuk program strategis dalam mencari kader pengawasan partisipatif, yaitu program kuliah dan pelatihan pengawasan serta pengenalan wawasan kepemiluan (kulat pelawan).

"Sasaran kami dari program ini adalah para pelajar SLTA yang tersebar pada enam kecamatan dan pelajar yang mengikuti program 'kulat pelawan' sudah memiliki hak pilih pada Pemilu 2024," ujarnya.

Ia mengatakan, pemilih pemula memerlukan edukasi yang benar terkait dengan kepemiluan dan pengawasan partisipatif, agar memberikan dampak bagi kemajuan berdemokrasi di daerah tersebut.

"Kami juga berharap program kulat pelawan dapat menjadi pemicu semangat bagi pelajar untuk ambil andil dalam program pengawasan partisipatif yang kami gagas," ujarnya pula.

Dia juga mengatakan, program kulat pelawan yang digagas Bawaslu Bangka Tengah selaras dengan program Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang digagas Bawaslu RI.

"Kami juga berharap pelajar yang mengikuti program kulat pelawan, nanti dapat juga mengikuti program Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) yang akan diselenggarakan Bawaslu RI," ujarnya pula.
Baca juga: Bawaslu Bangka Tengah bentuk posko pengaduan di kelurahan/desa
Baca juga: Bawaslu Bangka Tengah Lakukan Upaya Proteksi Penyebaran COVID-19

Pewarta : Ahmadi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar