Total bantuan yang dikirim berupa paket sembako sebanyak 26.138 kg
Jakarta (ANTARA) -
TNI Angkatan Udara menerbangkan dua pesawat C-130 Hercules ke Maumere, Kabupaten Sika, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengirim bantuan kepada warga terdampak bencana banjir bandang di Flores.
 
Kedua pesawat dari Skuadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur diberangkatkan melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa.
 
Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang B dalam keterangan tertulisnya, mengatakan total bantuan yang dikirim berupa paket sembako sebanyak 26.138 kg.
 
Bantuan itu dibawa, dengan rincian, pesawat C-130 Hercules A-1337 dengan pilot Kapten Pnb Bagus mengangkut sebanyak 12.650 kg, sedangkan pesawat C-130 Hercules A-1335 mengangkut 13.488 kg dengan pilot Mayor Pnb Fahmi.
 
"Pengiriman bantuan tersebut merupakan operasi kemanusiaan untuk membantu warga masyarakat yang terdampak bencana di NTT, sesuai dengan perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto," kata Indan.
 
Sedangkan, untuk membantu warga yang menjadi korban bencana di NTT dan NTB, TNI mengerahkan personel dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki.
 
Salah satu alutsista yang disiapkan untuk mengangkut bantuan kemanusiaan bagi korban alam di NTT dan NTB adalah KRI Oswald Siahaan (OWA)-354.
 
"Hari ini saya telah memerintahkan Kasal untuk memberangkatkan KRI OWA-354 dalam rangka mengangkut bantuan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial RI menuju lokasi bencana di NTT dan NTB,” kata Panglima TNI, sesaat sebelum bertolak ke wilayah Natuna, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa.
 
Selain mengerahkan KRI OWA-354, TNI juga mengerahkan pesawat Hercules C-130 dan helikopter untuk membantu korban bencana alam di NTT dan NTB.
 
"Selain membawa bantuan untuk korban bencana alam di NTT dan NTB, TNI juga memberangkatkan prajuritnya untuk membantu evakuasi dan pertolongan pertama," kata Marsekal Hadi.
 
Rencananya, TNI akan memberangkatkan Batalion Zeni dari Kodam IX/Udayana Bali dan Kodam XIV/Hasanuddin Makassar.
Baca juga: TNI mengerahkan prajurit dan alutsista bantu korban bencana di NTT-NTB
Baca juga: TNI AD bantu pengobatan korban pascabencana banjir di Manado

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021