Karawang (ANTARA News) - Duapuluh grup band dari berbagai daerah di sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengikuti festival kolaborasi musik etnis sunda tingkat Karawang, di gedung serba guna "Istana", Kecamatan Cikampek, Karawang, Sabtu.

"Festival ini digelar untuk menarik kaum muda agar tidak meninggalkan seni sunda. Jadi, diharapkan kaum muda di Karawang bisa mempertahankan seni sunda. Salah satunya bisa dengan melakukan kolaborasi musik dengan etnis sunda," kata Ketua Panitia Pelaksana Festival Kolaborasi Musik Etnis Sunda se-Karawang, Adi Mikro.

Dikatakannya, saat ini cukup banyak kaum muda yang mulai meluapkan seni sunda dan lebih bangga menyajikan musik beraliran rock, pop, dan lain-lain, dalam sebuah pertunjukkan musik.

Sedangkan yang menyajikan musik etnis sunda dalam sebuah pertunjukan masih sedikit di Karawang. Salah satu faktor yang menyebabkan hal itu ialah minimnya sarana atau alat musik etnis sunda. Kaum muda sulit mendapatkan alat musiknya, sehingga terasa sulit untuk dimainkan.

"Semoga dengan adanya festival yang digelar atas kerjasama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang, Dewan Kesenian Karawang, dan Gelanggang Seni Remaja Karawang ini bisa menarik minat kaum muda di Karawang untuk mengembangkan seni sunda," kata Adi.

Grup band yang menjadi juara dalam festival kolaborasi musik etnis sunda tersebut akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp9 juta dan akan diikutsertakan pada perlombaan yang sama tingkat Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudataan Karawang, Acep Jamhuri, mengatakan, festival kolaborasi musik etnis itu digelar, selain untuk mengembangkan budaya sunda di Karawang, juga untuk mencari calon peserta festival kolaborasi musik etnis tingkat Jawa Barat dari Karawang.

"Semoga dengan adanya festival seperti itu, kaum muda di Karawang bisa memperhatikan budaya dan seni sunda yang cukup kaya," kata Acep.

(KR-MAK/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010