12 siswa itu merupakan 50 persen dari kapasitas kelas yang total berisi 24 kursi
Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas Pendidikan Kepulauan Seribu Bambang Purwanto mengatakan siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dasar (SD) negeri Pulau Tidung 01 Pagi, Kepulauan Seribu berjumlah 12 siswa kelas 5.

"Untuk Kepulauan Seribu yang lulus dari asesmen kesiapan belajar adalah SDN Pulau Tidung 01 Pagi dan jumlah siswa yang mengikuti PTM adalah kelas 5 dengan jumlah siswa 12 siswa," kata Purwanto saat dihubungi ANTARA pada Kamis.

Baca juga: DKI operasikan bus sekolah selama uji coba belajar tatap muka

Ia mengatakan 12 siswa itu merupakan 50 persen dari kapasitas kelas yang total berisi 24 kursi.

Pembatasan 50 persen dilakukan untuk mengatur posisi duduk antarpelajar sehingga tidak saling berdekatan guna memenuhi protokol kesehatan menjaga jarak.

Selain itu, protokol kesehatan lain seperti mencuci tangan dan memakai masker juga menjadi perhatian dalam uji coba tersebut.

"Sejauh ini siswa masih disiplin menerapkan 3M di dalam kelas," ujar Purwanto.

Baca juga: Pelajar diminta langsung pulang usai belajar tatap muka

Guru-guru juga meminta para pelajar untuk langsung pulang ke rumah masing-masing setelah mengikuti uji coba sekolah tatap muka perdana yang dilakukan Rabu kemarin.

Yang tak kalah penting, lanjut dia, peran dari orang tua juga diperlukan untuk memastikan pelajar pulang ke rumah, misalnya dengan menjemput di sekolah.

Uji coba sekolah tatap muka berlangsung perdana pada Rabu (7/4) mulai pukul 07.00 hingga 11.00 WIB.

Baca juga: Peran orang tua dinilai penting untuk sukseskan belajar tatap muka

Kepala Subbagian Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah mengatakan uji coba kegiatan pembelajaran tatap muka di Jakarta pada Rabu (7/4) melibatkan 85 sekolah, salah satunya SDN Pulau Tidung 01 Pagi.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021