Selain ke NTT, Presiden juga mengirimkan bantuan 13.000 paket sembako ke daerah terdampak bencana di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan jajarannya untuk mengirimkan bantuan sembako ke daerah terdampak bencana di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Senin (5/4) 2021.

“Presiden memerintahkan sekretaris pribadi (sespri) untuk mengirimkan sembako ke daerah terdampak bencana di NTT,” kata Sekretaris Presiden Anggit Nugroho dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan mengingat situasi dan medan yang masih sulit pascabencana, ia berkoordinasi dengan Panglima TNI untuk penyediaan transportasi pengangkut bantuan Presiden.

Maka pada Selasa (6/4) bantuan Presiden tahap pertama sejumlah 5.000 paket sembako berhasil diberangkatkan, sebagian diangkut menggunakan pesawat Hercules TNI AU dan sisanya dengan Kapal Perang TNI AL menuju daerah bencana.

“Informasi dari tim lapangan, 3.500 paket sembako telah tiba di Adonara dan Lembata. Bantuan langsung dibagikan ke warga terdampak bencana,” katanya.

Sejumlah 10.000 sembako bantuan Presiden berikutnya segera disusulkan menunggu kesiapan alat transportasinya.

Selain ke NTT, Presiden juga mengirimkan bantuan 13.000 paket sembako ke daerah terdampak bencana di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

BMKG menyatakan cuaca ekstrem dampak Siklon Tropis Seroja masih berpotensi terjadi di kawasan NTT dalam beberapa hari ke depan.

Siklon tropis ini berdampak di delapan wilayah administrasi kabupaten dan kota, antara lain Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur, Malaka, Lembata, Ngada, Sumba Barat, Sumba Timur, Rote Ndao, dan Alor.

Baca juga: BNPB kirimkan bantuan logistik bencana banjir bandang Flores Timur

Baca juga: Kemensos salurkan bantuan senilai Rp2,6 miliar ke NTT

Baca juga: Kantor kecamatan jadi posko bantuan korban bencana Flores Timur


Baca juga: Kapolri kirim sembako dan dapur lapangan ke NTT

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021