Jayapura (ANTARA) - Bupati Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng menjamin keamanan di kluster Mimika dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, 2-15 Oktober.

"Kalau mau bicara tentang keamanan di empat kluster PON itu saya rasa Kabupaten Mimika aman. Kalau mau bilang ada kelompok-kelompok yang itu (KKB) ya, kalau kita katakan itu kerikil-kerikil dan itu bisa diamankan," kata Eltinus Omaleng seperti dikutip dari laman PB PON, Jumat.
​​​​​​
Bupati Eltinus menegaskan, semua kekuatan negara dalam hal ini TNI-Polri ada di Kabupaten Mimika, apalagi di daerah PT Freeport Indonesia dan di kota Timika itu ada Satgas Amole itu yang juga akan membantu mengamankan PON XX.

"Saya juga minta kepada masyarakat Mimika, untuk menjaga keamanan agar penyelenggaraan PON XX ini dapat berjalan sukses," katanya mengharapkan.

Baca juga: Pangdam Cenderawasih pastikan keamanan selama PON di Papua
Baca juga: 700 Personel TNI-Polri disiagakan amankan PON cluster Merauke


Bupati Eltinus Omaleng menegaskan, ia sudah menyampaikan kepada PB PON dan masyarakat Timika dalam rapat, jika PON di kluster Kabupaten Mimika bisa berjalan sukses dan bakal menjadi tolak ukur menjadi ibukota Provinsi Papua Tengah.

"Jadi itu tolak ukurnya. Kalau itu sukses maka Provinsi Papua Tengah akan jadi," kata Eltinus Omaleng menegaskan.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe meminta kepada kepala daerah yang wilayahnya masuk dalam klaster penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX untuk memastikan keamanan wilayahnya.

"Bupati dan Walikota diharapkan mengamankan situasi dan jangan sampai ada keributan," kata Lukas Enembe dalam sambutannya pada pembukaan CdM Meeting II Tahun 2021 di Suni Garden Lake Hotel and Resort Sentani.

Baca juga: Gubernur Papua minta kepala daerah klaster PON amankan wilayahnya
Baca juga: KONI Pusat nilai Kabupaten Jayapura siap gelar PON XX Papua




 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021