Jakarta (ANTARA) - Kualifikasi menyelam dan renang artistik untuk Olimpiade Tokyo 2020 akan dilanjutkan di Jepang, setelah beberapa hari lalu kedua kegiatan uji coba tersebut dibatalkan oleh Federasi Renang Internasional (FINA), Reuters melaporkan, Jumat.

Pekan lalu, FINA mengatakan sedang meninjau status kedua acara tersebut, serta kualifikasi renang maraton, tanpa menyebutkan alasannya, sebelum menandai kegiatan tersebut "dibatalkan" dalam kalender di situs webnya.

FINA khawatir penyelenggara Piala Dunia Selam tidak berbuat cukup untuk melindungi atlet dari COVID-19. Pelatih kepala tim selam Rusia mengatakan acara itu telah dibatalkan.

Namun, mengutip beberapa sumber yang tidak dapat disebutkan namanya, laporan Kyodo menyebutkan bahwa kualifikasi selam, yang dijadwalkan dimulai pada 18 April, akan dilanjutkan di Jepang dan dipersiapkan pada Mei.

Baca juga: FINA pertimbangkan batalkan kualifikasi selam Olimpiade Tokyo
Baca juga: Ikee ikuti kualifikasi renang Olimpiade setelah perawatan leukemia


Turnamen kualifikasi renang artistik, yang dijadwalkan pada 1-4 Mei, juga akan dilanjutkan di Jepang. Tidak disebutkan apakah acara tersebut akan dijadwal ulang.

Portugal, dianggap sebagai lokasi yang memungkinkan untuk kualifikasi renang maraton Olimpiade yang akan berlangsung di kota Fukuoka selatan Jepang pada akhir Mei.

Kyodo mengatakan pihak terkait telah sepakat dalam pembicaraan pada Kamis (8/4) untuk tidak membatalkan acara, yang telah diubah menjadi "TBC" (to be confirm) atau "akan dikonfirmasi" di kalender FINA, berubah dari sebelumnya "dibatalkan."

Juru bicara panitia penyelenggara mengatakan FINA dan pihak terkait lainnya sedang dalam pembicaraan dan bahwa pengumuman akan datang dari federasi renang tersebut.

Penyelenggara Tokyo 2020 tidak memberikan komentar lebih lanjut.

Pejabat senior Tokyo 2020, Minggu (4/4), mengatakan bahwa penyelenggara Olimpiade mengetahui bahwa FINA "berniat untuk membatalkan" acara tersebut dan bahwa mereka akan mengadakan pembicaraan dengan federasi renang tersebut pekan ini.

Olimpiade Tokyo, yang ditunda setahun karena pandemi, dijadwalkan berlangsung mulai 23 Juli hingga 8 Agustus.

Baca juga: Cetak sejarah, timnas 3x3 putri ikuti laga kualifikasi Olimpiade Tokyo
Baca juga: IOC setujui sistem baru kualifikasi bulutangkis untuk Olimpiade Tokyo
Baca juga: Atlet Brazil jalani pelatihan anti-rasisme jelang Olimpiade Tokyo

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021